JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tangani PMK, Menko Airlangga: Pemerintah Siapkan 28,7 Juta Dosis Vaksin dengan Dana KPCPEN

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) saat jumpa pers usai mengikuti rapat bersama Presiden Joko Widodo terkait penanganan PMK / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Seiring dengan meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di berbagai daerah, Pemerintah mengambil langkah cepat dan massif dengan membentuk Satgas Penanganan PMK.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan, Satgas tersebut akan mengkoordinasikan berbagai upaya pengendalian dan penanggulangan penyakit PMK.

“Terutama  yang terkait dengan penyediaan vaksin dan obat, serta pelaksanaan vaksinasi itu sendiri,” ujar Menko Airlangga sebagaimana dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Tim Satgas juga akan bertugas melakukan pengaturan lalulintas ternak dan pencegahan penyebaran penyakit antar wilayah, serta penerapan prosedur Biosafety dan Biosecurity dalam rangka pencegahan dan pengamanan penyakit hewan.

Baca Juga :  Viral, Pencuri Sepeda Listrik Langsung Akting Drakor Pura-Pura Gila Saat Tertangkap. Saat Digerebek Katanya Mau Membeli

Menko Airlangga mengatakan, betapa seriusnya persebaran PMK ini, sehingga penanganan PMK di daerah akan berbasis level mikro, seperti yang dilakukan dalam penanganan Covid-19.

“Nantinya akan dikeluarkan larangan bagi hewan hidup (sapi) untuk bergerak di level kecamatan yang terdampak PMK, atau kita sebut Daerah Merah,” papar Menko Airlangga, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Daerah merah itu, ujar Menko Airlanga, per 23 Juni 2022 terdapat 1.755 Kecamatan (38,0%) dari total 4.614 Kecamatan yang terdampak di 213 Kabupaten/Kota. Di mana, detail pengaturannya akan dimasukkan ke dalam InMendagri.

Adapun terkait dengan struktur Satgas Penanganan PMK, menurut Menko Airlangga akan dipimpin oleh Kepala BNPB, dengan wakil ketua Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Dirjen Bina Bangda Kemendagri, Deputi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian, serta Asops Kapolri dan Panglima TNI.

Baca Juga :  53 Orang Warga Khilafatul Muslimin Surabaya Kembali ke Pangkuan NKRI

“Struktur ini mirroring dengan struktur Satgas Penanganan Covid-19,” jelas Menko Airlangga.

Pengadaan vaksin untuk tahun 2022 ini, menurut Menko Airlangga, telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo sekitar 28,7 juta dosis, yang  seluruhnya akan dibiayai dengan dana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (Anggaran Program PEN 2022).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua