JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Wajib Tahu, Begini Sejarah Lanud Adisoemarmo dan Pembentukan Pomau Adisoemarmo, Dibeberkan Langsung Dansatpom kepada Setiawan AD 1 PM

Lanud
Letkol Pom Trie Gunadi Oetomo, S.H., M.Han. Komandan Satuan Polisi Militer (Dansatpom) Lanud Adi Soemarmo, menerima kunjungan kehormatan dan silaturahmi Setiawan, S.M., M.Si. pada Rabu (15/6/2022). Dok. AD 1 PM
   

SURAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ini dia sejarah Pangkalan TNI Angkatan Udara atau Lanud Adi Soemarmo sekaligus sejarah pembentukan Pomau Lanud Adisoemarmo.

Hal tersebut terungkap ketika Komandan Satpom atau Dansatpom Lanud Adi Soemarmo Letkol Pom Trie Gunadi Oetomo, S.H., M.Han menerima kunjungan silaturahmi Setiawan S.M.,M.Si yang akrab disapa Setiawan AD 1 PM, Rabu (15/6/2022).

Dalam membangun sinergitas melalui jalinan silaturahmi itu Setiawan AD 1 PM menyampaikan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Dansatpom Lanud Adi Soemarmo Letkol Pom Trie Gunadi Oetomo, S.H., M.Han. Sekaligus berharap ajang silaturahmi ini akan dapat meningkatkan sinergitas kedepannya.

“Saya mengucapkan terima kasih sekali atas kunjungan dari Bapak Setiawan di kantor kami, semoga silaturahmi kita tetap terjalin untuk TNI tetap dicintai oleh masyarakat,” tandas Dansatpom Lanud Adi Soemarmo Letkol Pom Trie Gunadi Oetomo.

Kehangatan dan keakraban tampak pada silaturahmi tersebut. Termasuk ketika keduanya melakukan sesi foto bersama halaman Satuan Polisi Militer Lanud Adi Soemarmo.

Untuk diketahui Dansatpom Lanud Adi Soemarmo Letkol Pom Trie Gunadi Oetomo, merupakan Alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2002 selanjutnya Sesarcab Pom tahun 2003, Sekkau tahun 2012, dan Seskoau tahun 2020.

Berbagai penugasan pernah Letkol Pom Trie Gunadi Oetomo, S.H., M.Han. jalani. Di antaranya, Lanud Iswahjudi 2003-2006, Lanud Soewondo 2006-2008, Lanud Singkawang II 2008-2009, Lanud Suryadarma 2009-2010, Lanud Balikpapan 2010-2012, Lanud Hasanuddin 2012-2015, Lanud Abdul Rachman Saleh 2015-2016, Lanud Astra Ksetra 2016-2017, Lanud El Tari 2017-2019, Puspomau 2019-2020, Koopsau III 2020-2021, Lanud Adi Soemarmo 2021 s.d. sekarang.

Dalam kesempatan tersebut Letkol Pom Trie Gunadi Oetomo, S.H., M.Han. menceritakan kepada Setiawan, S.M., M.Si. tentang selintas sejarah Lanud Adi Soemarmo dan sejarah pembentukan Pomau Lanud Adi Soemarmo.

Pangkalan TNI Angkatan Udara Adi Soemarmo semula bernama Pangkalan Angkatan Udara Panasan yang terletak di Dusun Nanasan, Desa Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah, Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo dalam perjalanan sejarahnya merupakan pangkalan militer yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1940.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

Pangkalan Udara Utama (Lanuma) Adi Soemarmo. Nama Adi Soemarmo diambil dari nama seorang tokoh TNI AU yaitu Adisumarmo Wiryokusumo (adik dari Agustinus Adisucipto) yang gugur dalam peristiwa 29 Juli 1947. Pada tahun 1985 Wing Pendidikan 4 Pangkalan Udara Utama (Lanuma) Adi Soemarmo dilikuidasi menjadi Pangkalan Udara (Lanud) Adi Soemarmo.

Kini Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo memiliki tugas pokok sebagai penyelenggara pendidikan prajurit TNI AU meliputi Sekolah Pendidikan Pertama, Pembentukan dan Kejuruan bagi Perwira Bintara dan Tamtama yang dilaksanakan oleh Skadik 401 sampai dengan Skadik 405.

Namun di samping sebagai penyelenggara pendidikan Prajurit TNI AU, Lanud Adi Soemarmo juga melaksanakan tugas-tugas operasi dan Pertahanan Pangkalan.

Selanjutnya sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Skep/12/X/2002 tentang penggantian nama dinas Provost TNI AU menjadi Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau). Sesuai dasar tersebut, Jabatan Komandan Satuan Provost berubah menjadi Komandan Satuan Polisi Militer Lanud Adi Soemarmo.

Serta berdasarkan Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Kep/1/III/2004 tanggal 26 Maret 2004 Polisi Militer Angkatan Udara memiliki tugas pokok yaitu penyelidikan kriminal dan pengamanan fisik, penegakkan hukum, penegakkan disiplin dan tata tertib militer, penyidikan, pengurusan tahanan dan tuna tertib militer, pengurusan tahanan keadaan bahaya/operasi militer, pengawalan protokoler kenegaraan, pengendalian lalu lintas militer serta penyelenggaraan SIM TNI.

Seiring dengan berubahnya nama Pangkalan Udara Adi Soemarmo berdampak pada semakin luasnya peran tugas Polisi Militer Angkatan Udara Lanud Adi Soemarmo, dimana pada saat itu PAU Lanud Adi Soemarmo memiliki beberapa pos strategis, antara lain:
1. Pos Airport. Pos ini terletak di dalam Bandara Adi Soemarmo yang bertugas mengamankan pesawat baik pesawat militer maupun pesawat sipil serta melaksanakan pemeriksaan terhadap penumpang pesawat.
2. Pos PAU. Pos ini merupakan pos induk PAU yang mempunyai fungsi sebagai Mako PAU.

Baca Juga :  Pecah! Penumpang KRL Solo-Yogya Overload Selama Libur Lebaran, KCI Imbau Prioritaskan Tempat Duduk untuk Penumpang Gendong Anak

Selain melaksanakan tugas jaga keamanan di Lanuma Adi Soemarmo, Polisi Angkatan Udara (PAU) juga melaksanakan tugas pengamanan lainnya seperti Pengamanan dan pengawalan VIP/VVIP serta tugas operasi militer.

Seiring dengan perkembangannya, Polisi Militer Angkatan Udara mengalami beberapa kali perubahan nama (PAU, POL AU, PM,Provost dan Pomau). Hal ini juga diikuti dengan berubahnya struktur organisasi Polisi Militer pada saat itu. Perubahan ini sejalan dengan perkembangan organisasi TNI AU pada umumnya serta Lanud Adi Soemarmo pada khususnya.

Dengan bertambahnya sarana dan prasarana, maka peran Satpomau Lanud Adi Soemarmo semakin bertambah. Yakni Pomau berperan sebagai Penegak Hukum, Penegak tata tertib, serta melaksanakan pengamanan fisik, baik personel maupun alutsista.

Ada pun wilayah hukum Lanud Adi Soemarmo berdasarkan Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor 31 Tahun 2018 tanggal 24 September 2018 meliputi beberapa Kabupaten dan Kota antara lain Kabupaten Klaten, Kabupaten Wonogiri, Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Blora, Kabupaten Kudus dan Kabupaten Grobogan.

Pada saat ini Satpomau Lanud Adi Soemarmo telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup dalam mendukung pelaksanaan tugasnya sebagai penegak hukum dan tata tertib sebagaimana telah diamanatkan dalam Skep Panglima TNI Nomor Kep/01/III/2004 tanggal 26 Maret 2004 tentang Tugas Pokok Polisi Militer sedangkan dalam mendukung kegiatan Pam Alutsista sendiri selain mengawaki beberapa Pos pengamanan, Satpomau juga diperkuat dengan Unit Satwan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com