JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Berani Lawan Arus, Surya Tjandra Blak-blakan Siap Dukung Anies Maju Pilpres 2024. Ini Alasannya!

Bangunan joglo megah milik pengusaha nasional kelahiran Sragen, Billy Haryanto (kiri) didesain sebagai Joglo Kemenangan Anies Capres 2024 yang dipersembahkan untuk kado Ultah ke-51 Gubernur DKI Anies Baswedan (kanan). Foto/Istimewa
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meski secara parpol tidak mendukung, kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Surya Tjandra blak-blakan melawan arus.

Dia secara terang-terangan mengungkapkan dukungannya untuk Anies Baswedan maju di Pilpres 2024.

Bahkan, Surya menyatakan siap membantu Anies jika nantinya Gubernur DKI Jakarta itu maju di kontestasi nasional merebut kursi RI-1.

“Kalau Pak Anies melihat saya bisa membantu, saya siap,” ujar Surya Tjandra kepada Tempo, Kamis (28/7/2022).

Pernyataan Surya itu bertolak belakang dengan sikap partainya yang tegas menyatakan tidak akan mendukung Anies di Pilpres 2024.

Terkait perbedaan tersebut, Surya menilai PSI sebagai partai terbuka pasti akan memberi kebebasan bagi setiap kadernya untuk memilih posisi politik.

Ia pun siap memberikan penjelasan kepada partai perihal alasannya mendukung Anies.

“Pasti akan ada proses diskusi dan tabayun di internal. Buat PSI sebagai partai yang menghargai kebebasan berpendapat, berbeda (pandangan) seperti ini hal biasa aja sebenarnya,” ujar Surya.

Saat ditanya apakah ada kemungkinan mundur dari partai jika PSI berkukuh tidak mendukung Anies, Surya enggan menjawab lugas.

“Kita lihat perkembangan saja nanti,” ujar bekas anggota kabinet Jokowi-Ma’ruf tersebut.

Surya juga mengaku sejauh ini belum ada teguran dari DPP usai pernyataannya mendukung Anies beredar. Namun, ia menyatakan siap dengan segala konsekuensi atas pilihan politiknya tersebut.

Baca Juga :  Pemindahan ASN ke IKN Dimulai September 2024, Yang Sudah Menikah Boleh Bawa Keluarganya

“Saya siap, semoga ini akan mendewasakan kita semua, saya tetap berharap yang terbaik untuk PSI,” kata dia.

Dukungan Surya kepada Anies awalnya disampaikan dalam sebuah diskusi yang ditayangkan di kanal YouTube Total Politik.

Surya berpandangan bahwa presiden terpilih di 2024 harus bisa meneruskan program Presiden Joko Widodo atau Jokowi, utamanya soal reformasi agraria. Dari nama-nama kandidat capres potensial yang muncul hari ini, Surya menilai sosok Anies yang paling tepat melanjutkan kepemimpinan Jokowi.

“Dari pilihan-pilihan yang ada, memang kalau saya pribadi, saya ngerasa Pak Anies. Ini saya ngomong pengalaman bertemu kepala daerah selama menjadi wakil menteri ya,” ujar Surya Tjandra dalam video yang dikutip Tempo dari YouTube Total Politik, Kamis, 28 Juli 2022.

Menurut Surya, Anies secara kapasitas terbilang mumpuni dan juga serius menangani persoalan agraria di wilayah pimpinannya.

“Pak Anies punya kemampuan, punya kapasitas. Dia buktikan pada saat dia kerja sebagai Gubernur DKI ya paling tidak, dan kalau ini bisa di-scale up Jakarta-1, bisa jadi Indonesia-1,” tuturnya.

PSI Minta Tunggu Perkembangan

Adapun DPP PSI enggan berkomentar banyak soal pernyataan Surya.

“Bro Surtjan ini adalah sahabat kami, dia salah satu kader yang sangat mengerti nilai-nilai yang diperjuangkan PSI. Kita tunggu saja perkembangan berikutnya,” ujar Juru bicara DPP PSI, Ariyo Bimo lewat pesan singkat, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga :  Tim Hukum Ganjar-Mahfud Serahkan Kesimpulan ke MK, Ini 5 Pelanggaran Fatal dalam Pilpres 2024

Ariyo enggan menjawab pertanyaan lanjutan soal kemungkinan PSI akan menegur Surya atas pernyataannya yang tak sejalan dengan sikap partai tersebut.

PSI sebelumnya sudah menegaskan tidak akan mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden di 2024.

โ€œMenyangkut hal ini, sudah sangat jelas bahwa PSI tidak akan mendukung Mas Anies di Pilpres 2024. Kami memeluk teguh prinsip anti intoleransi dan anti-korupsi. Maka, tak mungkin kami mendukung kandidat yang bermasalah dalam dua atau salah satu prinsip tersebut,โ€ kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, dalam keterangan tertulis, Juni 2022 lalu.

Grace menyebut politik bukan sekadar soal menang dan meraih kekuasaan. Politik, pertama-tama, menyangkut perjuangan atas prinsip.

“Prinsip harus ditegakkan dengan sebaik-baiknya. PSI menolak untuk bersikap pragmatis dan oportunis,โ€ lanjut Grace.

Selain itu, kata Grace, dalam hasil penjaringan ke akar rumput PSI, Anies tidak masuk dalam sembilan nama yang layak menjadi penerus Jokowi.

โ€œSembilan nama hasil penjaringan teman-teman PSI di daerah itulah yang masuk dalam Rembuk Rakyat PSI. Nama Mas Anies tidak ada di sana,โ€ ujar Grace.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com