JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Hadir di Sragen, Ketua Satgas KPK Beber 90 % Kasus Korupsi Pakai Modus Suap. Ini Kegiatan Paling Banyak Disusupi Korupsi!

Kepala Satgas Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) KPK RI, Sugiarto saat diwawancara Joglosemarnews.com usai hadir memberi paparan di hadapan semua pejabat di Sragen, Senin (25/7/2022). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeber modus paling banyak dari kasus korupsi yang ditemukan dan ditangani oleh KPK.

Modus yang paling mendominasi adalah gratifikasi atau penyuapan. Sedangkan kegiatan yang paling banyak dirasuki korupsi atau gratifikasi adalah pengadaan barang dan jasa.

Bahkan, data yang tercatat oleh Satgas Pemeriksa Gratifikasi menyebut selama ini kasus-kasus korupsi dengan model gratifikasi mencapai di atas 80 persen.

Hal itu disampaikan Pemeriksa Gratifikasi sekaligus Kepala Satgas Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) KPK RI, Sugiarto saat hadir di Sragen, Senin (25/7/2022).

Baca Juga :  Rekor, Ada Istri Menteri Beli Batik Tulis Sadewa Satu Lembar Rp 15 juta. Hanya Satu Jam Raup Rp 100 Juta

“Dari data yang ditangani KPK, selama ini modus yang paling banyak terjadi adalah gratifikasi atau penyuapan,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM ditemui usai memberikan paparan di hadapan Bupati, Wabup dan semua jajaran pejabat OPD.

Sugiarto menguraikan data per 31 Desember 2021, menunjukkan kasus korupsi yang menggunakan modus gratifikasi atau penyuapan mencapai 90 persen.

Sementara, selama kurun 2022 hingga bulan Juni, dari semua kasus korupsi yang ditangani, 80 persen di antaranya juga bermodus serupa.

Baca Juga :  Ditinggal Salat Magrib, Motor Scoopy Warga Ngemplak Amblas Digondol Pencuri

Pengadaan barang dan jasa, menjadi kegiatan yang paling banyak diwarnai korupsi.

“Sampai dengan Juni kemarin, kasus yang ditangani dengan modus gratifikasi atau penyuapan mencapai 80 %. Kalau yang sampai dengan 31 Desember 2021 itu angkanya 90%. Data itu terkait pengadaan barang jasa dan penyuapan,” tandasnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com