JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Peluang Bisnis Paper Quiling, Dengan Biaya 100 Ribu bisa Raih Keuntungan Hingga Lebih 2 Kali Lipat

Paper quiling
Pelatihan pembuatan paper quiling di Ponpes Roudhotul Qur'an Dusun Selorejo Desa Sirnoboyo Kecamatan Giriwoyo Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ini dia salah satu peluang bisnis menarik cocok buat penambah penghasilan.

Pasalnya dengan ongkos produksi sekitar Rp 100 ribu, bisa maraih keuntungan hingga lebih dari dua kali lipat.

Peluang bisnis itu adalah paper quiling.

Lantaran itu mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Tematik Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti atau KPM Tematik STAIMAS Wonogiri mengajak Ibu PKK dan karangtaruna membuat kerajinan tangan paper quiling di Posko KPM Tematik di Ponpes Roudhotul Qur’an Dusun Selorejo Desa Sirnoboyo Kecamatan Giriwoyo Wonogiri.

Pelatihan itu didamping salah satu DPL KPM Tematik, Mutia Azizah.

Mutia dengan telaten membimbing peserta pelatihan dengan didampingi mahasiswa peserta KPM Tematik STAIMAS Wonogiri. Para peserta asyik berkutat dengan bahan-bahan yang ada di hadapan mereka.

Baca Juga :  Di Posyandu As-Syifa Ponpes Al Ubaidah Kertosono Nganjuk, Menko PMK Muhadjir Effendy Sebut Ponpes Berperan Vital Cegah Stunting

Salah satu mahasiswa KPM Tematik di Sirnoboyo, Fitri Haryani menyampaikan kepada para peserta pelatihan bahwa kegiatan ini bisa memberikan peluang baru untuk berwirausaha.

Ibu-ibu dan para pemuda itu antusias mengikuti pelatihan. Mereka berusaha sabar menghasilkan karya. Kegembiraan dan kebahagian para peserta pelatihan tergambar ketika puas dengan hasil karyanya masing masing.

Hasil kerajinan tangan quiling tersebut sebagai hiasan dekoratif dan bisa menjadikan buah karya yang menarik dan bisa di berikan untuk ucapan selamat kepada seseorang yang berarti.

Mutia mengemukakan kunci utama sukses dalam pembuatan kerajinan tangan adalah sabar dan telaten. Kerajinan paper quiling yang paling sederhana adalah hiasan dinding berbentuk bunga-bunga.

Baca Juga :  Cara Daftar CPNS 2024, Mudah dan Cepat

“Kerajinan paper quiling ini bisa juga untuk mahar pernikahan, kenang-kenangan, piagam dan sebagainya. Untuk menghasilkan satu kerajinan membutuhkan waktu dua jam sampai lima jam. Itu tergantung dari tingkat kerumitan dan keahlian pengrajin,” kata Mutia yang merupakan dosen Prodi Ekonomi Syariah (ES) itu.

Menurut Mutia biaya yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan paper quiling Rp 100.000-Rp200.000. Harga jual mulai dari Rp 150.000-Rp 500.000.

Dia menuturkan semakin banyak pemesan kerajinan paper quiling dan pemasaran dapat dilakukan melalui berbagai media sosial. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com