JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pungli PTSL ke Ribuan Warga, Kades dan 3 Anak Buahnya Dijebloskan Penjara. Kerugian Capai RP 2 Miliar

Konferensi pers ungkap korupsi bermodus pungli PTSL di Tangerang, Banten, Rabu (6/7/2022). Foto/Humas Polri

BANTEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seorang Kades dan tiga anak buahnya asal Desa Cikupa, Kabupaten Tangerang ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana korupsi bermodus pungutan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Tak tanggung-tanggung, mereka meraup hampir Rp 2 miliar dari sekitar 1.300 warga peserta PTSL.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma, Rabu (06/07/2022).

Ia mengatakan, keempat orang dengan inisial (AM), (SH), (MI) dan (MSE) ditetapkan sebagai tersangka pada kasus pungutan liar program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Desa Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Baca Juga :  PDIP Masih Jawara di Pemilu Legislatif Menurut Survei LSI

“Ini kita tangani perkara tindak pidana korupsi yaitu melakukan pungutan di luar ketentuan peraturan perundang-undangan pada program PTSL, empat tersangka inisial yang pertama AM selaku mantan Kades, kemudian SH mantan Sekdes, MI selaku mantan Kaur perencanaan, MSE selaku mantan Kaur keuangan,” ujarnya dilansir Humas Polri, Rabu (6/7/2022).

Ia menuturkan, pihaknya telah melakukan penyidikan sejak Januari 2022 terkait tindak pidana korupsi tersebut. Sebanyak 1.316 saksi dan juga sebagai korban telah diperiksa.

Baca Juga :  Dengan Tangan Diborgol, Buron Kasus Korupsi, Izil Azhar yang Eks Panglima GAM Ditangkap KPK dan Dibawa ke Gedung Merah Putih

“Dalam kurun waktu tahun 2020 sampai dengan 2021 korban berjumlah 1.316 orang, dengan total kerugian kurang lebih Rp 2 miliar. Satu orang korban bervariasi untuk memberikan ke pelaku,” sambungnya.

Sementara itu, para tersangka mematok harga pungli terhadap para pemohon program PTSL. Menurutnya, harga yang dipatok para tersangka bervariasi bagi para pemohon program PTSL itu mulai dari Rp500.000 hingga jutaan rupiah.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com