JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Tak Hanya di Malioboro, Pemkot Larang Pengoperasian Skuter Listrik di Semua Wilayah Kota Yogyakarta

Wisatawan tengah berkeling kawasan Malioboro dengan Skuter Listrik di Yogyakarta, 17 Mei 2022. Maraknya penyewaan Skuter listrik, membuat Gubernur Sri Sultan Hamengkubawono X mengeluarkan larangan untuk skuter listrik ramai di kawasan Malioboro. Tempo.co

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memutuskan melarang semua pengoperasian skuter listrik di wilayah Kota Yogyakarta. Sebelumnya larangan penggunaan skuter listrik hanya berlaku di kawasan Malioboro.

Kebijakan ini diambil dengan pertimbangan keberadaan skuter listrik di jalan-jalan utama membahayakan pengendara motor, pejalan kaki, dan pengguna skuter listrik itu sendiri.

“Kami akan menerapkan pelarangan skuter listrik ini di semua wilayah Kota Yogyakarta melalui peraturan wali kota, tak hanya di Jalan Malioboro, tapi semua,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Sumadi, Selasa, (19/7/2022).

Baca Juga :  BMKG Minta Warga DIY Waspadai Cuaca Ekstrem

Sumadi mengatakan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kota Yogyakarta sebenarnya semula hendak menerapkan toleransi pada para pengusaha yang menyewakan skuter listrik ini. Hal ini mengacu instruksi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang sebelumnya meminta hanya kawasan sumbu filosofis yakni Jalan Malioboro, Margo Utomo, dan Margo Mulyo yang bersih dari skuter atau otoped listrik itu.

“Tapi ternyata tidak ada itikad baik dari para pemilik skuter listrik itu, mereka selalu kucing-kucingan dengan para petugas, melanggar kawasan yang sudah dilarang,” kata Sumadi.

Baca Juga :  3 Orang Luka-luka, Seorang Patah Tulang Leher dalam Tabrakan Karambol di Piyungan Bantul

Sumadi menuturkan, awalnya Pemkot Yogyakarta berencana mengalokasikan kawasan Kota Baru untuk aktivitas skuter listrik. “Namun selama beberapa hari saya ikut operasi gabungan, para pengusaha ini sembunyi sembunyi (melanggar), kalau petugas pergi mereka beroperasi lagi,” kata dia.

Skuter listrik yang disewakan di kawasan ruas Jalan Malioboro Yogyakarta. Tempo/Pribadi Wicaksono

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com