JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wajib Tahu! Segini Jumlah Desa Berkembang Mandiri dan Desa Maju di Wonogiri, Bupati Jekek Beri Target Sejumlah ini

Desa berkembang
Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek memasang pin kepada Ketua DPC PAPDESI Wonogiri Purwanto. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek menyebutkan saat ini baru ada 37 desa mandiri di Wonogiri.

Sisanya, sejumlah 152 desa masuk klasifikasi desa maju dan 62 desa lain masuk klasifikasi desa berkembang. Angka itu berdasarkan data hasil penilaian indeks desa membangun alias IDM 2022 dari dinas terkait.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengatakan desa memiliki kewenangan dalam mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh desa. Sementara itu, ada yang namanya IDM yang adalah indeks komposit yang dibentuk dari indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan ekologi desa.

Baca Juga :  Soal Nasib Tenaga Kontrak atau Honorer, DPR Sepakat Tak Usah Ada PHK

“Ini menjadi capaian yang harus diinisiasi lewat program desa,” ujar Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek di hadapan pengurus DPC Persatuan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Wonogiri.

Bupati Jekek menuturkan, di kepengurusan baru DPC PAPDESI Wonogiri, harus memiliki target ke depan berapa desa yang masuk menjadi kategori desa mandiri atau maju. Syukur-syukur semua desa berkembang naik tingkat menjadi desa maju.

Baca Juga :  Oseng Jambu Mete, Kuliner Langka yang Hanya Ada Setahun Sekali

Lebih jauh, Bupati menerangkan, Pemkab Wonogiri dan pemerintah desa berkolaborasi dalam menjalankan program atau target Pemkab. Contohnya saja satu digit angka kemiskinan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com