JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Asyiknya Asah Kreativitas Anak dengan Origami

Para siswa SDN 1 Desa Tuban, Gondangrejo, Karanganyar tengah asyik melipat kertas origami di bawah bimbingan Mahasiswa KKNT-MBKM Unisri Surakarta / Istimewa
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Melipat kertas origami menjadi salah satu sarana untuk mengasah kreativitas anak-anak.

Itulah mengapa Kuliah Kerja Nyata Tematik-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) Unisri Surakarta Kelompok 34 mencoba mengasah kreativitas anak-anak melalui origami.

Dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Drs Suharno, MM, Akt mahasiswa KKN tersbeut menggelar pelatihan melipat kertas origami kepada para siswa di SDN 1 Desa Tuban, Gondangrejo, Karanganyar.

“Pelatihan melipat kertas origami ini diikuti 14 anak-anak SDN 1 Tuban,” ungkap pelaksana kegiatan, Ayu Diah Puji Lestari,  seperti dalam rilisnya, Kamis (4/8/2022).

Lebih lanjut, Ayu menjelaskan, latar belakang pelatihan melipat kertas origami ini guna untuk meningkatkan kreativitas anak, serta untuk mengisi waktu luang ketika anak-anak sedang berada di rumah.

Baca Juga :  Unik Siswa-Siswi Dari SMK Citra Medika Buat Busana Nusantara dari Barang Bekas

Diketahui, melipat kertas atau yang biasa disebut dengan origami merupakan seni yang berasal dari Jepang. Permainan itu dilakukan dengan cara melipat kertas menjadi berbagai macam kreasi.

Dalam kegiatan itu, anak-anak kelas 1 SDN 1 Tuban terlihat sangat antusias dalam mempelajari langkah-langkah membuat origami.

Mereka memilih warna kertas origami yang diinginkan, setelah itu anak-anak dibebaskan untuk membuat suatu kerajinan. Kerajinan yang berhasil mereka buat di antaranya burung, kucing, katak berbicara, dan gaun.

Baca Juga :  SMP Kanisius 1 Surakarta Gelar Open House “Kanfest”

“Kegiatan ini selain mengurangi rasa bosan anak juga untuk meningkatkan kreativitas anak serta meningkatkan imajinasi anak,” ungkapnya.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan anak-anak tentang kerajinan tangan yang sifatnya edukatif dengan bahan sederhana.

Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak bisa memanfaatkan kertas origami, yang dapat diaplikasikan sendiri di manapun untuk mengisi waktu luang.

“Sekaligus sebagai pembelajaran anak-anak dalam mengenali bentuk hewan maupun bentuk-bentuk lainnya. Kegiatan ini juga bisa menjadi alternatif untuk mengalihkan perhatian anak-anak dari HP saat orang tua sibuk bekerja,” paparnya.  Suhamdani

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com