JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Awas! Sering Mengonsumsi Minuman Energi Berisiko bagi Kesehatan

Ilustrsi minuman berenergi. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Minuman energi biasa diminum sebagian orang dewasa dengan alasan untuk menambah tenaga atau stamina tubuh. Perlu diketahui minuman energi biasanya mengandung banyak kafein, gula tambahan, aditif, dan stimulan seperti guarana, taurin, dan karnitina.

Kandungan itulah yang berfungsi untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjaga tenaga, salah satunya mencegah kantuk.

American Academy of Pediatrics menyarankan agar minuman energi tak dikonsumsi anak-anak atau remaja, seperti dikutip dari enter for Disease Control and Prevention (CDC). Kafein yang terdapat dalam minuman energi berisiko ketergantungan dan berefek negatif perkembangan jantung dan otak.

Baca Juga :  Pengobatan dengan Akupunktur, Ini Manfaat dan Risikonya

Merujuk The British Dietetic Association, konsumsi berlebihan minuman energi sebagian besar terkait peningkatan tekanan darah, gangguan tidur, pusing, dan sakit perut. American Heart Association juga menemukan, konsumsi minuman energi menunjukkan perpanjangan interval QTc yang signifikan terhadap orang dewasa. Pemanjangan interval QTc ini menjadi tanda peningkatan risiko fatal detak jantung tak teratur.

Baca Juga :  Terlalu Banyak Makan Buah yang Mengandung Gula Tinggi Bisa Berefek Buruk

Risiko minuman energi
1. Masalah jantung

Mengutip Verywell Health, percobaan kontrol acak menemukan, minuman energi meningkatkan tekanan darah orang dewasa muda yang sehat. Penelitian lain juga telah menghubungkan minuman energi dengan tekanan darah anak-anak dan remaja. Risiko itu meningkatkan masalah jantung.

2. Meningkatkan kecanduan alkohol

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com