JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Bingung Pertama Kali Kuliah Luring? Tengok Dulu Barang yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berikut Ini!

Ilustrasi mahasiswa kampus membawa buku dan tas. pixabay.com
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Pandemi Covid-19 yang sudah mulai berkurang membuat kebijakan kembalinya pembelajaran tatap muka diluncurkan.

Meski masih dibatasi aturan-aturan tertentu, kini mahasiswa dapat mulai mempersiapkan perkuliahan tatap muka yang akan segera berjalan di tahun ajaran baru 2022/2023.

Lebih dari dua tahun kebiasaan baru di masyarakat tentang pembatasan kegiatan membuat banyak aktivitas dilakukan secara daring, termasuk pembelajaran.

Total 2,5 tahun atau 5 semester sudah mahasiswa menjalani perkuliahan daring. Berubahnya sistem pembelajaran, tentu mengubah kebiasaan dan barang-barang yang mendukung pembelajaran.

Terlalu lama berkutat dengan laptop dan gawai membuat calon mahasiswa dan mahasiswa lama tidak memiliki peralatan kuliah dan pendukungnya. Berikut beberapa daftar barang yang wajib kamu miliki untuk memulai kehidupan kuliah luring!

 

  1. Buku Catatan

Kamu bisa memanfaatkan loose leaf atau notebook untuk mencatat materi perkuliahan di kelas agar bisa dipelajari ulang. Barang ini akan sangat kamu butuhkan karena sudah tidak menggunakan virtual meet, jadi kamu sudah tidak bisa merekam layar, hehe.

  1. Peralatan Tulis

Seperangkat bolpoin warna-warni, pensil, penghapus, korektor pen, tempat alat tulis, dan sejenisnya bida mulai kamu persiapkan untuk mendukung catatan epic kamu agar semangat belajar!

  1. Laptop/Tablet

Walaupun kamu sudah mulai mencatat lagi, laptop atau tablet terkadang akan dibutuhkan untuk mengerjakan tugas, presentasi, atau bahkan jika diperbolehkan, kamu bisa mencatat di laptop/tablet.

  1. Pengisi Daya

Barang yang satu ini tak kalah penting! Karena aktivitas di luar kos/rumah yang akan sering kamu hadapi, kamu perlu menyiapkan charger untuk mengisi daya laptop/ponsel kamu agar tak kesusahan melakukan pekerjaan.

  1. Ransel

Ransel atau backpack adalah barang yang vital karena bisa kamu gunakan untuk menampung perlatan kuliah kamu. Kamu bisa memilih ukuran yang tidak terlalu besar agar nyaman dibawa kemana-mana.

  1. Totebag
Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Selain Ransel, totebag juga merupakan pilihan mahasiswa kini. Di samping dapat memuat barang-barang kuliah kamu, totebag juga dapat menyumbang gaya berpakaian lebih trendy!

  1. Handsanitizer

Eits, karena kita masih belum benar-benar terbebas dari pandemi Covid-19, handsanitizer akan kamu butuhkan demi mencegah kembali menyebarnya virus ini.

  1. Masker

Masih berkaitan dengan pandemic Covid-19, agaknya kamu perlu juga menyetok masker dan memakai masker untuk mematuhi protokol kesehatan yang masih diberlakukan.

  1. Kemeja/Hem

Dunia kuliah berbeda dengan sekolah, salah satunya adalah cara berpakaian. Jika di sekolah kamu memerlukan seragam, di kampus kamu boleh menggunakan bebas sopan. Kemeja biasanya merupakan salah satu pilihan yang umum digunakan mahasiswa. Kamu juga bisa menggunakan blazer atau blouse selama peraturan kampus memperbolehkan. Asalkan jangan kaos dan celana olahraga seperti outfit beli seblak ya, Sob!

  1. Sepatu

Selain baju, kamu juga perlu melengkapi penampilan dengan sepatu. Meski baju dibebaskan, kamu masih diarahkan untuk berpakaian formal sehingga kamu akan membutuhkan barang yang satu ini. Bagi kaum wanita, kamu juga bisa menggunakan flatshoes.

  1. P3K pribadi

Bagi kamu yang memiliki catatan medis tertentu, kamu wajib membawa p3k pribadi atau obat-obatan yang diperlukan karena di beberapa fakultas tidak ditemukan UKS. Lingkungan kampus biasanya luas, pun fakultas itu sendiri, dan medical center akan ditemukan di salah satu sudut kampus. Jadi, daripada berjalan jauh, alangkah lebih baik siapkan paying dulu, ya!

  1. Alat ibadah

Jika dibutuhkan peralatan ibadah, kamu juga bisa membawanya, ya. Misalnya saja musala di fakultas kamu yang ternyata tidak menyediakan sajadah, kamu sudah punya sendiri, Sob.

  1. Tempat makan
Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Nah, untuk menghemat uang jajan, membawa bekal makan adalah salah satu opsi cemerlang, apalagi untuk anak kos. Tak perlu malu membawa bekal demi menjaga kesehatan badan!

  1. Botol Minum

Siapkan juga botol minum untuk menampung amunisi kamu selama kuliah biar nggak repot bolak-balik kantin demi minum.

 

Jeje (20), mahasiswa lama yang belum pernah sama sekali merasakan kuliah luring menyebutkan peralatan seperti ATK (pulpen, pensil, tipe-x, stabile), buku binder, tumbler, laptop, hp, buku penunjang makul, adalah barang-barang yang perlu dibawa ke kampus.

Kayla (19) mahasiswa lainnya menyampaikan pendapatnya tentang kuliah tatap muka yang akan dihadapi segera. Menurutnya, ada rasa takut tersendiri karena belum pernah menjalani perkuliahan luring.

“Jujur agak deg-degan karena sebelumnya belum pernah ikut kuliah luring yang bener-bener full sama anak kelas. Abi itu takut ditanya-tanyain perihal materi yang disampaiin semester lalu karena gatau apa-apa, hehe. Ketemu sama temen-temen yang dari awal semester kita daring terus luring gini bikin kita lebih kenal satu sama lain, excited juga karena bakal banyak hal yang sebelumnya belum pernah aku temui jadi aku temui,” jelasnya.

Sementara, mahasiswa yang sudah pernah merasakan perkuliahan luring sebelumnya juga sama merasakan ketegangan untuk kembali memulai luring. Hal ini disampaikan Adinda (22) kepada Joglosemarnews, Kamis (11/8/2022).

“Tentunya ada rasa senang dan nervous. Senang karena akhirnya bisa bertemu teman-teman, pembelajaran pun kerasa lebih efektif kalau tatap muka. Nervous karena ada kebiasaan-kebiasaan yang harus mulai dihilangkan dari sekarang, banya orang-orang baru seperti adik tingkat yang asing dan harus menyesuaikan diri lagi,” ungkapnya. Ade Safana Alawiyah

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com