JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Mahasiswa Unisri Berkontribusi Dalam Pengembalian Perekonomian Pasca Pandemi

Yopi Kristiawan. Foto/Istimewa

KARANGANYAR- Universitas Slamet Riyadi Surakarta terkhusus kelompok 75 berkontribusi dalam Pengembalian Perekonomian Masyarakat Pasca Pandemi.

Sabtu, 7 Agustus 2022, bertempat di Dusun Sugihwaras, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Yopi Kristiawan selaku mahasiswa KKN didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Efi Nikmatu Sholikah,S.P, M.Sc. melaksanakan Program Kerja Individu yaitu “Langkah Mudah untuk Kembangkan UMKM dengan Efektif”.

Kadang pelaku UMKM menyepelekan laporan keuangan, dan menganggap tidak ada laporan keuangan usaha masih tetap dapat berjalan dengan baik.

Dalam penyampaian program kerjanya, Yopi menjelaskan kepada Ibu-Ibu Dusun Sugihwaras pentingnya laporan keuangan dalam dunia UMKM.

Yang mana fungsinya untuk mengatur modal usaha yang ada agar terpisah dari uang pribadi, dan dapat melihat laba rugi hasil UMKM, tidak hanya itu, untuk mengembangkan usaha, pelaku UMKM tidak luput dari peminjaman modal usaha di perbankan.

Sosialisasi membangun desa untuk pengembalian ekonomi pasca pandemi di Dusun Sugihwaras. Foto/Istimewa

Untuk syarat pengajuan kredit besar sekarang harus menyertakan laporan keuangan, maka dari itu Yopi menekankan agar tidak lagi menyepelekan laporan keuangan dalam UMKM.

Dengan pembelajaran ini Yopi berharap masyarakat dapat mengembangkan UMKM mereka, lewat dasar dulu.

Yaitu dengan rutin melaporkan keuangan mereka dalam pembukuan dan mengontrol secara rutin. Dan diharapkan dapat menjadikan UMKM menjadi lebih berkembang. (***)

Penulis : Yopi Kristiawan
Mahasiswa UNISRI Surakarta
Prodi : Manajemen Malam
Kelas : 09.01
NPM : 19200003

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com