JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Untuk Membentuk Karakter Anak, Siswa SD Desa Ngasinan, Bulu Dilatih Menulis Karya Sastra

Anak-anak SD Desa Ngasinan tengah asyik belajar menulis karya sastra dibimbing oleh para mahasiswa KKN UNS kelompok 60 / Istimewa
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Kurangnya literasi di kalangan anak-anak, telah menjadi keprihatinan semua pihak dewasa ini.

Terutama di tengah kemajuan teknologi informasi dan hadirnya internet, membuat minat baca yang belum lagi terbentuk, ibarat pepatah “layu sebelum berkembang”.

Karena itulah, untuk membangkitkan minta anak-anak di bidang literasi, tim mahasiswa KKN UNS kelompok 60 Desa Ngasinan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo periode Juli-Agustus 2022 mengadakan kelas kepenulisan karya sastra.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

“Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan literasi di kalangan anak-anak,” ujar salah satu mahasiswa peserta KKN, Selvia Safitri seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Ia menjelaskan, di samping untuk menyentil minat baca anak, pelatihan kepenulisan karya sastra itu  dilakukan sekaligus untuk meningkatkan karakter anak usia Sekolah Dasar (SD).

“Karakter memang harus dibentuk sejak masih dini, ketika belum banyak masukan negatif dari luar,” paparnya.

Ia menjelaskan, pelatihan penulisan karya sastra itu  dilaksanakan selama dua kali, yakni hari pertama Selasa (2/8/2022) dan hari kedua Senin (8/8/2022).

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

“Pelatihan ini dilaksanakan selama dua kali, hari pertama pemberian materi tentang karya sastra dan hari kedua pelatihan penulisan,” jelasnya.

Agar menjadi surprise yang bersifat monumental, jelas Silvia Safitri, karya puisi dari para siswa SD yang dibuat saat pelatihan itu nantinya akan dihimpun menjadi satu dan diterbitkan menjadi antologi puisi. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com