JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Zulkifli Hasan Klaim Berhasil Jinakkan Harga Minyak Goreng Selama  55 Hari Kerja

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam acara peresmian ekspor baja PT GRP di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (26/7/2022) / Foto: tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Zulkifli Hasan mengklaim selama 55 hari kerja sebagai Menteri Perdagangan, sudah berhasil menjinakkan harga minyak goreng di pasaran menjadi lebih bersahabat.

“Hari ini 55 hari sudah bekerja sebagai menteri. Tugasnya terutama minyak goreng yang susah dijinakkan, sekarang alhamdulillah sudah jinak,” ujar Zulhas, sapaan akrabnya dalam acara pembukaan Trade Expo Indonesia ke-37 di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022).

Sebagaimana diketahui, Zulhas dilantik menjadi Menteri Perdagangan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 15 Juni 2022 menggantikan Muhammad Lufti.

Usai pelantikan, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menjelaskan, salah satu strateginya dalam menjinakkan harga minyak goreng, adalah dengan mendistribusikan minyak goreng curah dalam bentuk kemasan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Sabtu, 10 Gempa Terjadi Sepanjang Hari, 4 di Antaranya Gempa Susulan di Cianjur

Sebelumnya, Zulhas menyebut, distribusi minyak goreng curah dilakukan dengan mobil tangki kepada masyarakat. Cara itu dinilainya kurang efektif karena berpotensi terjadi kebocoran.

“Ya kalau pakai tangki itu susah, sulit, itu bisa bocor banyak. Tapi kalau pakai kemasan, itu bisa sampai ke mana-mana, tinggal nanti distribusi ke yang berhak,” ujar Zulhas di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022).

Sebulan usai dilantik Zulhas juga memiliki program kemeteriannya yaitu Minyakita. Ini adalah produk minyak goreng curah kemasan sederhana yang diluncurkan Kementerian Perdagangan 6 Juli lalu di tengah kenaikan harga di pasaran.

Baca Juga :  Tragedi Gempa Cianjur, Mobil Rombongan Guru TK/PAUD Al Azhar Akhirnya Ditemukan Tertimbun Longsor

Harga Minyakita pun dipatok Rp 14.000 per liter di manapun lokasinya. Zulhas sempat membagikan minyak tersebut di beberapa tempat salah satunya di Lampung. Di dalam acara itu, minyak goreng tersebut dijual di harga Rp 10.000 untuk 2 liter.

Dan pekan lalu, Zulhas mengumumkan seribu ton minyak goreng curah kemasan sederhana akan dikirim ke Papua dan Maluku pada pekan depan.

Dengan pengiriman tersebut,  ia mengklaim harga minyak goreng curah di kedua daerah tersebut bisa turun menjadi Rp 14.000 per liter atau merata di seluruh Tanah Air.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com