JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Berperan Penting, Berikut Cara-cara Menjaga Kesehatan Ginjal

pexels.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peran penting sebagai alat ekresi. Ginjal bertugas menyaring limbah cairan, kelebihan air, dan kotoran lain sebelum disimpan di kandung kemih dan akhirnya dikeluarkan melalui urin.

Dengan demikian sudah sepatutnya kesehatan organ ginjal ini harus selalu dijaga. Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan ginjal, mulai dari menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan sehat.

Berikut ini adalah berbagai cara menjaga kesehatan ginjal.

1. Pola makanan sehat

Dilansir niddk.nih.gov, pilih makanan yang sehat untuk ginjal dan seluruh organ tubuh lainnya, seperti buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak atau bebas lemak. Selain itu, kurangi konsumsi garam dan gula tambahan untuk mengurangi asupan natrium yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bertujuan untuk meringankan kerja ginjal di dalam tubuh.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

2. Olahraga

Melansir healthline.com, olahraga teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Olahraga juga membantu kurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Keduanya ini sangat penting untuk mencegah kerusakan ginjal. Tidak selalu olahraga berat, olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda, jogging atau menari juga merupakan olahraga bagi tubuh.

3. Tidak merokok

Dikutip kidney.org, kebiasaan merokok dapat merusak pembuluh darah karena aliran darah mengalir lebih lambat ke seluruh tubuh, termasuk ke ginjal. Dalam jangka waktu lama, merokok dapat menyebabkan kanker ginjal.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

4. Hidrasikan tubuh

Air merupakan asupan penting untuk ginjal sebab air dapat membantu membuang limbah ke kandung kemih dalam bentuk urin. Melansir webmd.com, tubuh yang kekurangan cairan, membuat filter kecil di dalam ginjal bisa terhenti dan menyebabkan batu ginjal dan infeksi. Empat hingga enam gelas air putih sehari merupakan asupan cairan cukup bagi tubuh, disesuaikan dengan kondisi tubuh dan cuaca.

Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika memiliki riwayat penyakit diabetes dan mulai merasakan gangguan pada ginjal. Lakukan tes secara teratur dan tetap terapkan pola hidup untuk mengurangi masalah ginjal yang bisa saja timbul kapan pun.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com