JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cegah Penurunan Daya Ingat di Usia Muda, Ini Langkah yang Bisa Dilakukan

Ilustrasi merokok. pexels

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Faktor usia memang berpengaruh pada kemampuan daya ingat dan kemampuan kognitif seseorang.

Dalam dunia medisnya, hal itu dikenal dengan istilah Demensia. Yakni, penyakit yang berkaitan dengan melemahnya daya ingat dan penurunan fungsi kognitif.

Pada umumnya, demensia dialami oleh orang-orang lanjut usia. Akan tetapi faktanya, demensia banyak juga dialami oleh orang yang lebih muda yang disebut Young Onset Demensia (YOD).

Baca Juga :  Catat!, Ini Manfaat dan Syarat Donor Darah

Meskipun bertambahnya usia adalah faktor risiko terbesar untuk demensia, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi risikonya. Berikut langkah-langkahnya:

 

  1. Rutin berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari demensia. Selain itu, olahraga juga baik untuk jantung, sirkulasi, berat badan, dan mental. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan adalah aerobik dan strength-building. Melakukan kombinasi dari jenis olahraga ini dapat membantu mengurangi risiko demensia.

Baca Juga :  Manfaat Air Nira untuk Kesehatan, Mulai Kurangi Tekanan Darah hingga Cegah Kanker

 

  1. Makan makanan yang sehat

Makan makanan yang sehat dan seimbang dapat mengurangi risiko demensia, serta kondisi lain termasuk kanker, diabetes tipe 2, obesitas, stroke, dan penyakit jantung. Salah satu pola makan yang dapat melindungi dari demensia adalah diet Mediterania.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com