JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Makanan Bersifat Anti Kanker, Ada Alpukat Hingga Minyak Zaitun

Buah alpukat. Foto: Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Pola makan merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi perkembangan sel kanker. Meningkatkan konsumsi makanan tertentu dapat menambah risiko kanker, begitu pula sebaliknya.

Dalam tinjauan komprehensif 2017 yang diterbitkan dalam American Journal of Cancer Research, disebutkan bahwa lebih dari 50 persen dari semua diagnosis kanker dan kematian akibat kanker, sebagian besar, dapat dicegah. Sementara itu, 30 persen dari semua kasus kanker terkait dengan makanan yang dikonsumsi.

Makanan dengan kandungan senyawa peningkat kesehatan, biasa disebut fungsional. Makanan tersebut adalah termasuk teh hijau, brokoli, kembang kol, kubis, kangkung, bawang putih, buah beri yang terkait erat dengan risiko kanker lebih rendah.

Baca Juga :  Sederet Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Berikut beberapa makanan fungsional lain yang memiliki sifat anti-kanker, seperti dikutip dari Health Digest, Sabtu (17/9/2022).

1. Alpukat

Percobaan laboratorium (dalam cawan kultur) serta beberapa penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa ekstrak alpukat dapat menghancurkan atau menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker. Hal ini termasuk payudara, usus besar, hati, paru-paru, laring, leukemia, esofagus, mulut, ovarium , dan prostat.

2. Minyak zaitun

Efek perlindungan terkuat dari minyak zaitun diamati untuk kanker payudara, saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan saluran kemih. Efek antikanker ini dikaitkan dengan susunan nutrisi yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal, kebanyakan asam oleat.

Baca Juga :  4 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan dengan Susu, Termasuk Coklat

3. Kayu manis

Menurut tinjauan studi yang diterbitkan dalam Journal of Toxicology edisi 2018, kayu manis dan/atau senyawa aktifnya terbukti memiliki khasiat antitumor yang ampuh dalam berbagai jenis kanker. Ekstrak kayu manis memberikan efek perlindungan kanker pada berbagai titik dalam perkembangan kanker.

4. Lada hitam

Dianggap sebagai “raja rempah-rempah” lada hitam juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati masalah menstruasi dan gangguan pada telinga, hidung, dan tenggorokan. Sebagian besar dikenal karena sifat anti-inflamasi dan analgesiknya, lada hitam juga menunjukkan efek antikanker.

5. Protein whey

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com