JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Efek Kurang Baik Minum Kopi saat Perut Kosong

Ilustrasi secangkir kopi. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Minum secangkir kopi bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan banyak penelitian menyebutkan efek positif kopi pada kesehatan adalah dari umur panjang, pencegahan penyakit jantung, diabetes, penyakit Alzheimer, bahkan kanker.

Meski memiliki segudang manfaat, minum kopi di pagi hari tidak disarankan karena dapat berakibat buruk untuk kesehatan, mulai dari menyebabkan masalah pencernaan, ketidakseimbangan gula darah, hingga lonjakan tingkat stres.

Pagi hari mungkin nerupakan waktu terburuk untuk minum kopi, karena kadar kortisol sudah tinggi pada saat itu dan minum kopi dapat lebih meningkatkan tingkat hormon stres yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan peningkatan kecemasan.

Baca Juga :  Baik untuk Penderita Diabetes, 5 Makanan Ini Dapat Turunkan Kadar Gula Darah

Jadi, kapan waktu terbaik untuk minum kopi? Yang jelas bukan segera setelah bangun tidur karena saat itu perut juga kosong. Ahli gizi Lovneet Batra menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

“Bagi banyak orang, kopi adalah bagian penting dari rutinitas pagi mereka, jauh sebelum hal lain, tetapi apakah Anda tahu tentang kemungkinan efek samping yang datang dari minum kopi dengan perut kosong,” tulis Batra dalam unggahan di Instagram yang dikutip Hindustan Times, Rabu, (28/9/2022).

Inilah enam efek minum kopi saat perut kosong.

Baca Juga :  Sederet Manfaat Bakteri Baik Probiotik dalam Tubuh

1. Menyebabkan kembung

Kopi dapat merangsang produksi asam lambung. Peningkatan produksi asam lambung yang berbahaya ini sangat mengganggu sistem pencernaan tubuh, menyebabkan masalah seperti gangguan pencernaan, kembung, mual, dan lain-lain.

2. Meningkatkan hormon stres

Tingginya hormon stres kortisol dapat berdampak negatif pada ovulasi, berat badan, dan keseimbangan hormon. Hormon stres antara lain membantu mengatur energi dan membuat merasa waspada secara alami, dan itu memuncak saat saat bangun. Menariknya, kopi juga merangsang produksi kortisol.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com