JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Enak dan Menyegarkan, Ini Sederet Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan

Ilustrasi Jamu Beras Kencur. Dok
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Jamu beras kencur adalah salah satu minuman tradisional asli Indonesia, tepatnya Jawa. Selain beras kencur ada juga beberapa minuman tradisional atau herbal yang cukup populer di antaranya, jamu kunyit asam, jamu temulawak dan lain sebagainya.

Jamu beras kencur memiliki rasa yang menyegarkan, tetapi selain itu jamu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bahan utama jamu beras kencur adalah kencur yang dipadu dengan berbagai bahan rempah alami seperti beras putih, jahe, asam jawa, gula jawa dan lain sebagainya.

Meski diramu dari berbagai herbal yang sederhana, namun hasilnya berkasiat luar biasa dibanding minuman segar lainnya.

Paduan Beras dan Kencur

Menurut buku “Jamu 38 Racikan Jamu Nikmat Sehat Warisan Nenek Moyang” manfaat beras kencur yang terkenal ialah sebagai penyegar badan yang lelah.

Selain itu, ada banyak lagi manfaat beras kencur untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber, diantaranya:

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

1. Menyembuhkan Maag

Melansir dari pemkomedan.go.id, beras kencur mempunyai kandungan vitamin B yang sangat baik untuk menyembuhkan maag yang di derita oleh seseorang. Hal ini dikarenakan vitamin B mampu menebalkan dinding lambung dan mengatasi penggerusan lambung yang disebabkan oleh asam.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi Anda yang sering kehilangan nafsu makan, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi beras kencur agar nafsu makan Anda bertambah.

3. Menghilangkan Pegal dan Meningkatkan Stamina

Mengonsumsi beras kencur juga bisa mengembalikan stamina dan mengurangi rasa capek atau pegal yang Anda rasakan.

4. Meredakan Diare

Dalam penelitian International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, kandungan zat sitotoksik serta antibakteri pada kencur yang bisa meredakan tanda-tanda diare. Penelitan tersebut dilakukan pada hewan yg bergejala diare. Setelah hewan diberikan ekstrak kencur, hasilnya membaik. Meski begitu, manfaat beras kencur untuk meredakan diare masih memerlukan penelitian lebih lanjut yang dilakukan pada partisipan manusia.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

5. Mencegah Sariawan

Dikutip dari laman hukum.uma.ac.id, sariawan atau lesi verbal merupakan kondisi yang ditimbulkan oleh luka kecil di lisan atau di dasar gusi. Rasa hangat dan sifat antibakteri dalam olahan beras kencur dapat meringankan tanda-tanda sariawan.

Selain itu, beras kencur juga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorakan.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Ramuan jamu beras kencur juga bermanfaat bagi penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darah. Melalui riset Departemen Farmasi Universitas Tanjungpura yang menunjukkan bahwa olahan herbal ini mampu menurunkan kadar glukosa darah serta menjaganya tetap normal.

Meskipun begitu, masih diperlukan skala besar pada manusia untuk memastikan manfaat serta keamanan yang diperlukan untuk menjaga kadar gula darah dalam jangka panjang.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com