JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Ikuti Program Kampus Mengajar, Mahasiswa FKIP UNS Dorong Literasi dan Numerasi di SMP PGRI 2 Wates, Blitar

Muhammad Aditya Wisnu Wardana tengah melakukan pembelajaran literasi dan pelatihan sanggar bahasa di sekolah / Foto: Istimewa
   

BLITAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Lima orang mahasiswa perguruan tinggi di Jawa Tengah dan Jawa Timur berkolaborasi terjun untuk melakukan pengabdian di SMP PGRI 2 Wates, Desa Purworejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Ketua kelompok Kampus Mengajar 4 SMP PGRI 2 Wates, Muhammad Aditya Wisnu Wardana menjelaskan, program kerja yang dilakukan oleh tim meliputi kolaborasi literasi, numerasi dan adaptasi teknologi kepada pendidik dan peserta didik.

“Kami juga melaksanakan program kerja berupa sanggar bahasa, penataan perpustakaan, pojok baca, penghijauan sekolah, pelatihan drama monolog, pemaparan platform merdeka mengajar, serta ikut dalam kegiatan di masyarakat sekitar sekolahan,” ujar Aditya kepada Joglosemarnews.

Program kampus mengajar, jelas Aditya, mengajak para mahasiswa berkolaborasi dengan guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran pasca pandemi Covid-19.

Program kerja yang dilaksanakan tidak terlepas dari penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai implementasi pendidikan karakter dan peningkatan literasi numerasi bagi peserta didik.

Aditya mengaku termotivasi mengikuti program Kampus Mengajar karena ingin membantu dalam peningkatan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi bagi peserta didik di tingkat SMP dengan berbagai ilmu serta metode yang ada .

“Bagi saya program MBKM Kampus Mengajar mampu memberikan peningkatan terhadap literasi, numerasi dan adaptasi teknologi bagi peserta didik,” tutur Aditya, Selasa (27/9/2022).

Selama mengikuti program MBKM, Aditya mengajar kelas 8 – 9. Melalui praktik tersebut, Aditya menemukan fakta masih terdapat siswa yang mengalami disleksia atau keterlambatan membaca.

“Bahkan masih banyak siswa yang tertinggal jauh dari materi pembelajaran,” ujarnya.

Petrus Dian Erya (kiri) dan Muhammad Aditya Wisnu Wardana (kanan) sedang melaksanakan pembelajaran dengan adaptasi teknologi kepada peserta didik / Foto: IstimewaPetrus Dian Erya (kiri) dan Muhammad Aditya Wisnu Wardana (kanan) sedang melaksanakan pembelajaran dengan adaptasi teknologi kepada peserta didik / Foto: Istimewa

Strategi yang digunakan, menurut Aditya adalah mengajak siswa untuk berkegiatan literasi 10 menit setiap pagi, sebelum pembelajaran dimulai.

Kemudian, siswa diminta menuliskan di dalam buku harian tentang isi dari buku yang telah dibacanya, dengan kalimatnya sendiri.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Di samping itu, jika dalam pembelajaran terdapat siswa yang mengalami kesulitan, Aditya dengan senang hati memberikan bimbingan belajar selepas pulang sekolah.

 

Learning Loss

Untuk diketahui, pasca pandemi Covid-19, SMP PGRI 2 Wates mengalami learning loss atau kehilangan pengetahuan sehingga banyak siswa yang tidak bisa membaca dan menghitung secara lancar.

Melihat kondisi tersebut, Aditya melakukan observasi tentang tingkat kesukaran dalam membaca serta memberikan media pembelajaran yang menarik serta interaktif agar siswa mampu memahami secara mudah dan cepat.

Mahasiswa yang tergabung dalam Kampus Mengajar Angkatan 4 dari perguruan tinggi di Jateng dan Jatim, tengah berfoto bersama dengan siswa dan guru di SMP PRI 2 Wates, Blitar / Foto: Istimewa

Sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Aditya juga mengajarkan materi Bahasa dan Sastra Indonesia, di antaranya dengan membentuk sanggar bahasa, pelatihan puisi, pembuatan drama monolog, apresiasi drama, pembuatan majalah dinding bahasa, dan pengajaran Bahasa Indonesia.

“Saya begitu senang dan bangga para siswa di SMP PGRI 2 Wates yang semangat dan berinisiatif saat mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Tak hanya pembelajaran Bahasa Indonesia, saya juga mengajar mata pelajaran lain terkait literasi dan numerasi kepada para siswa,” tandas Aditya

Kepala SMP PGRI 2 Wates, Yohanan pun berharap kehadiran mahasiswa dari kampus mengajar mampu membantu serta meningkatkan kualitas pendidikan di bidang literasi numerasi dan adaptasi penggunaan teknologi di dalam pembelajaran.

 

Program Unggulan

Untuk diketahui, Kampus Mengajar menjadi salah satu program unggulan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai upaya mencapai peningkatan literasi numerasi serta adaptasi teknologi di jenjang SD dan SMP sasaran.

Kemendikbudristek membuka program Kampus Mengajar Angkatan ke-4 pada tanggal 25 Mei 2022, sebagai bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Program tersebut memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas dengan memberikan asistensi kepada guru dan tenaga kependidikan di tingkat dasar dan sekolah menengah pertama.

Program Kampus Mengajar Angkatan ke-4 ini terdiri dari lima orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang telah lolos dalam seleksi.

Mereka adalah Muhammad Aditya Wisnu Wardana (Universitas Sebelas Maret), Christina Diana Wulandari (Universitas Negeri Malang), Devi Novita Lutfiria Anggraini (Universitas Jember).

Selanjutnya adalah Clara Junisca Florenze (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang) dan Petrus Dian Erya dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Khusus untuk UNS Surakarta, terdapat 43 mahasiswa UNS yang lolos seleksi, salah satunya Aditya yang ditempatkan di SMP PGRI 2 Wates, Kabupaten Blitar.

“Mahasiswa tersebut diterjunkan ke sekolah sasaran dengan fokus program Kampus Mengajar literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi,” ujar dosen pembimbing lapangan, Listyo Yudha Irawan, Senin (1/8/2022)

Listyo juga mengungkapkan, bahwasannya program Kampus Mengajar adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek. Pelaksanaan tersebut juga didukung oleh Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).

Program kampus mengajar merupakan transformasi dari program kampus mengajar perintis yang bertujuan untuk memberikan solusi pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terdampak adanya pandemi Covid-19 dengan memberdayakan para mahasiswa untuk berkolaborasi antara guru dan kepala sekolah.

“Para mahasiswa yang mengikuti program kampus mengajar akan mendapatkan insentif dari pemerintah dan konversi SKS atas kinerja selama mengikuti program kampus mengajar” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjaka, Senin (1/8/2022). (*)

Penulis: Muhammad Aditya Wisnu Wardana

Editor : Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com