JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Jaga Kesehatan Liver dengan Buah-buahan Ini

Ilustrasi buah-buahan. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM – Liver atau hati merupakan salah satu organ vital pada manusia. Semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh baik itu makanan, minuman, maupun obat-obatan akan organ ini. Liver termasuk dalam sistem pencernaan.

Melihat fungsi hati ini, maka sangat penting untuk menjaga kesehatan liver. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan liver adalah dengan menjaga pola makan yang sehat.

Ada berbagai makanan sehat yang sangat disarankan untuk menjaga kinerja liver agar selalu stabil. Dan salah satu makanan yang disarankan adalah buah-buahan.

Berikut adalah daftar lima buah yang baik dikomsumsi untuk menjaga kesehatan liver:

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

1Anggur

Dilansir adityabirlacapital.com, anggur mengandung vitamin C, mangan, dan kaya akan antioksidan. Sebuah studi E. Mitchell Seymour dari University of Michigan Health System menunjukkan konsumsi anggur selama tiga bulan dapat membantu mengurangi inflamasi di liver secara sognifikan. Konsumsi anggur juga dapat meningkatkan tanda-tanda pertahanan antioksidan, terutama di hati dan ginjal.

3Apel

Apel kaya akan pektin, zat yang mengikat logam berat dalam tubuh, terutama di usus besar, sehingga membantu proses ekskresi. Melansir adityabirlacapital.com, peran ini berdampak positif bagi tubuh karena mengurangi stres dalam hati dan mengurangi jumlah detoksifikasi yang diperlukan.

4Berry

Dikutip dari Medical News Today, buah-buahan jenis berry, termasuk blueberry, raspberry, dan cranberry, mengandung antioksidan bernama polifenol, yang dapat membantu melindungi hati dari kerusakan. Bahkan, cranberry dan blueberry (termasuk ekstrak atau jusnya) dapat membantu menjaga kesehatan hati. Selain itu, blueberry membantu meningkatkan respons sel kekebalan dan enzim antioksidan.

www.tempo.co