JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Selama Revitalisasi Taman Balekambang,  Pentas Ketoprak Dialihkan Sementara ke Graha Wisata Niaga Sriwedari  Mulai Sabtu, 24 September 2022

   

SOLO, JOGLOSEMAENEWS.COM – Ketoprak Balekambang yang pentas rutin setiap hari Sabtu di Gedung Kesenian Ketoprak Taman Balekambang, mulai Sabtu malam (24/9/2022),  untuk sementara pindah pentas di Gedung Ghra Wisata Niaga Sriwedari.

Pemindahan sementara  itu dikarenakan  adanya revitalisasi taman Balekambang selama kurang lebih 1,5 tahun ke depan.

Menurut Koordinator Ketoprak Balekambang, Tatak Prihantoro, langkah itu diambil agar Ketoprak Balekambang tetap bisa eksis pentas menghibur masyarakat.

“Ketoprak Balekambang saat ini sudah menjadi salah satu ikon kesenian tradisi yang masih tetap eksis pentas setiap hari Sabtu malam di taman Balekambang. Maka agar tidak mengecewakan masyarakat, khususnya penggemar fanatik, mulai Sabtu malam akan pentas di pusat Graha Wisata Niaga, ” ungkapnya.

Baca Juga :  Meski Paling Populer, Kaesang Diprediksi Tak Maju dalam Pilkada Solo 2024

Lebih lanjut, Tatak Prihantoro menjelaskan,  pentas yang didukung 80 personel  itu, khusus untuk  pentas perdana akan di gratiskan. Bila pentas rutin di taman Balekambang penonton dikenai HTM  Rp 10.000.

“Target kami bisa menjaring penonton dari kalangan milenial agar ketoprak tetap bisa lestari di tengah gempuran era digital saat ini, ” tandasnya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Pentas perdana di Graha Wisata Niaga akan mengambil lakon Jaka Tingkir Dadi Ratu. Pemilihan lakon itu tidak terlepas dari viralnya lagu Jaka Tingkir yang sempat menimbulkan pro kontra.

Baca Juga :  Ketahuan Curi Motor, Maling Nekat Ceburkan Diri ke Kali Pepe: Warga yang Geram Lempari Pelaku dengan Batu

“Ini sebuah kesempatan kami untuk mengedukasi dan mengenalkan sosok fiqur siapa sebenarnya Jaka Tingkir ini kepada generasi muda yang umumnya sudah tidak mengenal lagi sejarah masa lampau, ” urainya.

Pentas akan disutradarai oleh Slamet Meteor Slank, sutradara ketoprak senior dan dimeriahkan penampilan pelawak Bogang Cs yang juga salah satu personil Kampung Riwil dari Bakar Production yang senang naik daun.  Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com