JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Jaga Kesehatan Selama Musim Pancaroba dengan Tips Ini

Ilustrasi flu. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Musim pancaroba ditandai dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, saat kondisi cerah tiba-tiba menjadi mendung dan hujan.

Kondisi ini memaksa tubuh untuk beradaptasi dengan ketidakpastian cuaca saat musim pancaroba. Untuk itu mengetahui tips sehat selama musim pancaroba menjadi suatu yang penting.

Keadaan Cuaca yang Tidak Menentu

Musim pancaroba merupakan sebuah kondisi dimana cuaca mengalami keadaan yang tidak menentu, dimana siang terasa begitu panas dan malam hari turun hujan deras.

Kondisi seperti ini mengharuskan kita untuk terus menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit penyerta pancaroba, seperti flu, batuk pilek, influenza, diare, demam berdarah, dan penyakit lain yang biasa terjadi saat musim pancaroba.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Untuk menghadapi musim pancaroba ini, Anda harus melakukan persiapan dengan meminum vitamin, berolahraga, dan mencukupi kebutuhan gizi dalam tubuh menjadi hal yang penting agar kita tidak terserang berbagai penyakit. Mengutip dari upk.kemkes.go.id, berikut ini beberapa tips sehat selama musim pancaroba yang wajib diketahui, diantaranya adalah:

1. Mengkonsumsi vitamin C yang cukup

2. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang

3. Mencuci tangan menggunakan sabun atau Hand Sanitizer baik sebelum maupun setelah makan

4. Menjaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi 2 kali sehari

5. Beraktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

6. Hati-hati mengkonsumsi makanan dengan tidak jajan sembarangan dan minumlah air yang bersih dan matang

7. Menjaga kebersihan lingkungan termasuk dengan memberantas lalat, nyamuk, kecoa, dan semut

Jika Anda menerapkan tips sehat selama musim pancaroba seperti yang disebutkan di atas, diharapkan mampu meminimalisir potensi terserang penyakit selama musim pancaroba, agar aktivitas dapat tetap berjalan dengan lancar.

Selain itu, Anda juga diharuskan untuk tetap disiplin perilaku hidup sehat selama menjalani musim pancaroba. Lalu bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala penyakit, agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com