JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, Ibu Negara Iriana Jokowi Kunjungi Sentra Batik Kliwonan Sragen. Siap-Siap Borong?

Karyawan di sentra Batik Tulis Windasari di Desa Kliwonan, Kecamatan Masaran, Sragen saat menata kain batik di gerai yang dijadwalkan akan dikunjungi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dijadwalkan bakal mengunjungi Kabupaten Sragen pada Kamis (22/9/2022) besok.

Bersama para istri menteri Kabinet Indonesia Maju, Iriana diagendakan mengunjungi pusat Batik Tulis “Windasari” di Desa Kliwonan, Kecamatan Masaran.

Di desa yang dikenal sebagai sentra batik asli Sragen itu, Ibu Negara dijadwalkan akan berdialog dengan perajin.

Selain itu, istri orang pertama di RI itu juga akan melihat dari dekat proses membatik dan tentunya melihat-lihat koleksi batik tulis yang ada.

Bahkan, bukan tidak mungkin Iriana akan memborong batik khas Sragen. Mengingat saat ini santer beredar kabar putra bungsunya, Kaesang Pangarep sudah menyiapkan pernikahan dengan Erina Gundono Desember mendatang.

“Iya, rencananya Bu Presiden akan berkunjung ke sentra Batik Kliwonan. Nanti lokasinya di Batik Windasari ini. Para perajin akan dihadirkan di sini. Selain itu tentunya beliau akan menengok-nengok produk batik,” papar Kades Kliwonan, Aswanda kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (20/9/2022).

Kades yang juga pemilik sentra Batik Windasari itu menguraikan belum bisa memastikan apakah Ibu Negara akan memborong batik dari Kliwonan untuk keperluan pernikahan putra bungsunya.

Baca Juga :  Puluhan Warga Geruduk Kantor Desa Pilang Masaran Sragen Tolak Pembangunan Tower, Warga: Ini Masalah Kesehatan Kami

Namun, ia tak menampik selama ini, produk batik Windasari memang sudah akrab dengan pesanan untuk kepentingan kepresidenan dari Istana Negara.

Aswanda mencatat sudah berulangkali pihaknya mendapat pesanan batik untuk suvenir tamu-tamu kepresidenan. Biasanya sekali pesan, pihak Istana Negara minta dikirim 10.000 potong kain batik.

“Dulu sebelum pandemi Corona selalu kirim ke Istana. Hampir sebulan sekali, kami selalu dapat pesanan. Tapi sejak pandemi mulai agak berkurang. Kalau rencana Pak Jokowi mantu putra bungsu, saya sudah mendengar. Tapi sejauh ini belum tahu, apakah nanti pesan batik lagi untuk suvenir (mantu) atau tidak. Mungkin nanti kalau sudah melihat langsung, bisa jadi (pesan),” jelasnya.

Kades Kliwonan sekaligus pemilik sentra Batik Windasari, Aswanda. Foto/Wardoyo

Terkait kunjungan Ibu Negara, Aswanda menyebut memang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Ia mengaku sangat bangga desanya bisa dikunjungi oleh istri orang pertama di negeri ini.

Rencana kedatangan rombongan Ibu Negara juga sudah dikomunikasikan seminggu sebelumnya.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Bahkan dirinya sudah berkali-kali diundang rapat persiapan baik di Korem atau kantor bupati.

“Termasuk menata gerai batik ini. Apalagi besok rombongan juga akan melihat langsung proses pembuatan batik tulis. Jadi para perajin batik kami kumpulkan, dan akan ada bazar batik juga,” jelasnya di sela menata gerai batik miliknya.

Seperti diketahui, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep berencana menikah dengan Erina Gudono pada akhir 2022.

Rencana pernikahan Kaesang sempat dibocorkan oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa. Kabar tersebut disampaikan di sebuah acara e-sport.

Melalui akun Twitter miliknya, Kaesang Pangarep mengungkapkan kekesalan.

Meski begitu, ia tetap mengharapkan doa dari para netizen terkait rencana pernikahan dengan finalis Putri Indonesia asal Yogyakarta tersebut.

Padahal pengen ngumumin sendiri, malah orang lain yang ngumumin. Di acara e-sport lagi ngumuminnya. Yowes lah, yang penting doanya,” kata Kaesang dalam Twitter miliknya dilihat beberapa waktu lalu. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com