JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kalangan Akademisi, Pers dan Cendekiawan Tanah Air Berduka, Prof Azyumardi Azra Berpulang

Prof. Azyumardi Azra (bertopi) saat terakhir di pesawat menuju Malaysia. (Foto: istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Setelah dinyatakan positif Covid-19 di rumah sakit Serdang di Malaysia, akhirnya Ketua Dewan Pers, Prof Dr Azyumardi Azra menghembuskan nafas terakhir, Minggu (18/9/2022).

Kalangan akademisi, pers dan cendekiawan tanah air berduka.

Azyumardi meninggal dunia setelah sebelumnya sempat jatuh sakit saat mengunjungi Malaysia pada Jumat (16/9/2022) sore.

“Telah meninggal dunia Prof Dr Azyumardi Azra. Semoga beliau mendapat tempat yang mulia di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” demikian keterangan tertulis yang diterima Tempo dari Anggota Dewan Pers Arif Zulkifli.

Baca Juga :  Densus 88 Ikut Dalami Kasus Ledakan di Aspol Sukoharjo dan Lukai Seorang Polisi, Kapolda Jateng: Itu Bahan Petasan, Bukan Teror

Arif menyatakan mendapatkan kabar tersebut dari istri Azyumardi.  Sebelum meninggal, kabar soal kesehatan Azyumardi disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pers M. Agung Dharmajaya.

Agung mengatakan gangguan kesehatan itu mulai muncul ketika pria kelahiran Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada 4 Maret 1955 tersebut baru akan mendarat di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia.

“Kami mendapat kabar bahwa Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azramengalami gangguan kesehatan,” kata Agung saat dihubungi, Jumat (16/9/2022).

Agung mengatakan karena kondisi kesehatannya itu, Azyumardi langsung dibawa ke rumah sakit begitu pesawat mendarat.  Azyumardi langsung menjalani perawatan di Rumah Sakit Serdang, Malaysia.

Baca Juga :  Mafia Hukum Masih Marak, Mahfud Md: Kami Sedang Cari Formula Reformasi Hukum Peradilan

“Beliau sedang menjalani perawatan dan dalam pemantauan Kedutaan Besar Republik Indonesia,” kata dia.

Azyumardi diketahui mengunjungi Malaysia untuk menjadi pembicara pada sebuah acara di sana.

Hingga Sabtu (17/9/2022) pagi, Azyumardi diketahui masih menjalani perawatan secara intensif oleh tim dokter di Rumah Sakit Selangor, Malaysia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono mengatakan tim dokter menyampaikan Azyumardi belum bisa dipindahkan ke rumah sakit lain sampai kondisinya menjadi lebih stabil.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com