JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Kulkas Kejujuran SMKN 2 Ponorogo Bentuk Pribadi Jujur Berintegritas Taat Disiplin dan Berkarakter

Kulkas kejujuran
Sejumlah siswa membeli minuman di kulkas kejujuran SMKN 2 Ponorogo Jatim. Dok. SMKN 2 Ponorogo

PONOROGO, JOGLOSEMARNEWS.COM
Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMKN 2 Ponorogo meluncurkan program kulkas kejujuran, berupa aktivitas menjual minuman yang dilaksanakan di lingkungan sekolah secara swalayan dan swabayar.

Keberadaan kulkas kejujuran di SMKN 2 Ponorogo Jatim berawal dari pemikiran bahwa membentuk pribadi jujur bukan pekerjaan mudah. Semua harus diawali dari kesadaran sendiri. Kejujuran tidak semata-mata berkaitan dengan nominal tapi bisa dibentuk dari hal-hal yang sangat sederhana.

Ketua Program Keahlian atau Kaprogli TKJ SMK Negeri 2 Ponorogo, Tarmin, mengatakan terdapat satu unit kulkas kejujuran yang ditempatkan di lobi ruang guru TKJ. Pihaknya bekerjasama dengan brand minuman untuk penyediaan kulkas dengan wujud seperti kulkas pada umumnya yang berfungsi sebagai tempat menyimpan minuman shoft drink berbagai jenis dan kemasan.

Baca Juga :  Mantapkan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah, JSIT Jawa Tengah Gelar Workshop IKM Khas SIT

“Siapa pun boleh membeli. Tidak hanya jurusan TKJ semua warga sekolah bisa membeli, yang ingin membeli ambil sendiri dan langsung bayar di tempat yang telah disediakan. Kulkas tidak pernah dikunci. Tidak ada petugas (yang menjaga). Anak-anak diharapnya membayar dengan uang pas, “Lebih Boleh, Kurang Jangan!,” kata Tarmin, Kamis (8/9/2022).

Baca Juga :  Mantapkan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah, JSIT Jawa Tengah Gelar Workshop IKM Khas SIT

Ide awal kulkas kejujuran SMKN 2 Ponorgo muncul karena anak-anak TKJ kalau mau beli minuman atau makanan berjalan jauh ke kantin belakang. Selain itu kulkas kejujuran ini juga berfungsi mengurangi mobilitas warga sekolah jajan di luar lingkungan sekolah.

Beberapa minggu berjalan ternyata kejujuran warga sekolah melalui kulkas kejujuran sudah nampak terlihat.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com