JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN Kelompok 367 UNS Lakukan Revitalisasi Perpustakaan SDN 1 Tawangharjo

Mahasiswa KKN Kelompok 367 UNS berfoto bersama dengan sebagian guru di SD Negeri 1 Tawangharjo / Istimewa
   

GROBOGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM Buku adalah gudangnya ilmu, dan perpustakaan sebagai monumen yang hidup, menjadi tempat di mana segala macam buku dan ilmu pengetahuan berada.

Karenanya keberadaan perpustakaan termasuk perpusatakaan sekolah, sudah semestinya mendapat perhatian serius dari seluruh civitas sekolah.

“Dua tahun pandemi, perpustakaan di SD Negeri 1 Tawangharjo ini tidak pernah digunakan. Apalagi, belum lama sekolah ini juga sempat tergenang air saat musibah banjir terjadi,” ucap Kepala SD Negeri 1 Tawangharjo, Solikin seperti dikutip Arziki, Ketua Kelompok 367 KKN UNS.

Padahal, perpustakaan merupakan sarana pembelajaran yang sangat penting di setiap sekolah. Karena itu, sangat disayangkan bila perpustakaan sekolah tidak dapat dimanfaatkan dengan baik.

Melihat kondisi perpustakaan SDN 1 Tawangharjo tersebut, mahasiswa KKN UNS 367 ikut tergerak untuk melakukan revitalisasi terhadap perpustakaan sekolah tersebut.

Renovasi tersebut bertujuan agar ke depannya murid-murid SDN 1 Tawangharjo serta para guru maupun staf sekolah dapat menggunakan kembali fasilitas perpustakaan sekolah sebagai sarana pembelajaran guna menimba ilmu-ilmu pengetahuan.

Dalam kegiatan tersebut, Mahasiswa KKN Kelompok 367 UNS sedikit demi sedikit membersihkan dan merapikan perpustakaan SDN 1 Tawangharjo hingga siap untuk dioperasikan dan dimanfaatkan kembali.

Mahasiswa KKN Kelompok 367 UNS bersama-sama dengan siswa SD Negeri Tawangharjo membersihkan dan merapikan buku-buku di perpustakaan / Istimewa

Pelaksanaan revitalisasi dimulai dari membersihkan alat–alat yang kotor, memilah buku–buku yang masih layak digunakan, serta membersihkan dan menata kembali ruang perpustakaan.

Dengan adanya kerja sama dan dukungan dari pihak sekolah, akhirnya program kerja dapat berjalan dengan baik dan setelah melakukan kegiatan revitalisasi selama tiga minggu, perpustakaan tersebut sudah siap untuk kembali digunakan oleh segenap warga SDN 1 Tawangharjo.

Puncak dari program tersebut adalah peresmian Perpustakaan SDN 1 Tawangharjo pada Sabtu (20/8/2022), yang disaksikan Kepala Sekolah, jajaran guru dan sebagian siswa SDN 1 Tawangharjo.

Pada kegiatan tersebut, kelompok KKN 367 menyampaikan harapan agar perpustakaan SDN 1 Tawangharjo dapat dirawat dan digunakan dengan baik sebagai sarana untuk pembelajaran dan meningkatkan taraf pendidikan segenap warga SDN 1 Tawangharjo.

Untuk diketahui, Kelompok 367 KKN UNS terdiri dari delapan personel yang masing-masing adalah Arziki Pratama, Arkan Rizkiadi, Karina Ratna Vivian, Khairi Septiawan, Lionie Natasha Violie, Mahsa Aurellia Habiba, Nauvela Aulia Syaranamual dan Nisrina Mumtaz Syirat.  Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com