JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Minuman dan Makanan ini Bisa Sebabkan Anda Jadi Sasaran Gigitan Nyamuk

Ilustrasi nyamuk demam berdarah. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Ternyata pola makan merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi ketertarikan nyamuk pada manusia. Olah kerena itu sebagian orang tampaknya memiliki “magnet” yang membuat mereka lebih sering digigit nyamuk dibandingkan orang lain.

Tubuh manusia memproduksi lebih dari 350 jenis senyawa organik volatil (VOC) yang berbeda. Ada beberapa VOC yang tidak menarik bagi nyamuk, namun ada pula VOC menarik.

Beberapa contoh VOC yang diketahui menarik bagi nyamuk adalah karbon dioksida, asam laktat, aseton, dan amonia. Asam laktat biasanya dikeluarkan saat berolahraga, sedangkan aseton kerap dilepaskan saat proses ketosis.

Baca Juga :  Sederet Fakta Tentang Kafein, Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Menurut studi, ada beberapa jenis makanan dan minuman bisa membuat tubuh manusia mengeluarkan VOC yang disukai oleh nyamuk. Berikut ini adalah tiga makanan dan minuman di antaranya, seperti dilansir laman Eat This Not That, beberapa waktu lalu:

1. Alkohol

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dapat meningkatkan produksi VOC yang dapat menarik perhatian nyamuk. Sebuah studi dalam Journal of the American Mosquito Control Association misalnya, menemukan bahwa jumlah nyamuk yang menghinggapi tubuh tampak lebih banyak setelah seseorang minum bir.

Baca Juga :  Mengenal Susu UHT, Mengapa Paling Disarankan?

Studi lain dalam jurnal PLOS ONE juga menunjukkan hal serupa. Studi ini mendapati bahwa minuman beralkohol dapat meningkatkan “daya tarik” manusia di hadapan nyamuk dengan cara meningkatkan suhu tubuh dan mengubah VOC di dalam tubuh.

2. Kopi dan kafein

Studi terbaru yang dikutip dalam artikel Current Research in Parasitology and Vectorborne Diseases mengungkapkan, kafein merupakan senyawa yang bisa ditemukan di kulit. Keberadaan kafein pada kulit ini bisa meningkatkan daya tarik bagi nyamuk.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com