JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Muncul Desakan Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet Dilarang Dinyanyikan di Sragen, Begini Respon Kepala Kemenag dan Sekda!

Cover lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet versi Yeni Inka. Foto/Youtube

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sragen, Ihsan Muhadi angkat bicara soal desakan pencekalan lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet oleh sejumlah aktivis Islam Sragen yang tergabung dalam Front Persaudaraan Islam (FPI).

Ihsan menyebut pihaknya menghargai karya seni yang mencipta lagu itu. Meski diyakini hanya untuk hiburan, ia menilai hendaknya karya seni atau lagu pun harus tetap menunjung tinggi kehormatan dari seorang tokoh.

Baca Juga :  Bertahun-Tahun Didera Kelumpuhan, Nenek di Gondang Terharu Dapat Bantuan Kursi Roda PT Aroma Sukowati dan Sembako dari Dermawan TAB

Termasuk sosok Joko Tingkir yang dalam sejarah peradaban Islam di Jawa, dikenal sebagai salah satu tokoh penyebar agama Islam murid Walisongo, Sunan Kalijaga.

“Saya a menghargai dari para seni yang membikin itu, tapi meski mungkin bersifat hiburan, tentunya kita harus tetap menjunjung tinggi kehormatan dari masing-masing tokoh yang kita tokohkan,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM ditemui di sela pembagian sembako dari MTsN 4 Sragen di Plupuh, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga :  Ini Tips Merawat Baju Batik Mahal Agar Tetap Awet, Tak Luntur dan Selalu Tampak Kinclong!
Kepala Kantor Kemenag Sragen, Ihsan Muhadi. Foto/Wardoyo

Ia berharap sekalipun untuk hiburan, jangan sampai sebuah syair lagu atau karya seni menimbulkan ekses negatif bagi masyarakat.

Apalagi yang bisa berimbas mengurangi kehormatan tokoh-tokoh yang selama ini sudah menjadi simbol, tak terkecuali Joko Tingkir.

Karenanya ia berpesan bagi seniman untuk senantiasa berhati-hati apabila menciptakan syair lagu atau membuat karya seni.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com