JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Perhatian! Semua Bayi Baru Lahir Wajib Jalani SHK Alias Pemeriksaan Kekurangan Hormon Tiroid, Guna Hindari Resiko Kelainan Tumbuh Kembang

Tangkapan layar bayi Galuh Jagalullah (2) bocah yang memiliki 12 jari tangan dan 12 jari kaki. Foto: Tribunjabar.id via Tribunnews.com

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Perhatian! semua bayi baru lahir wajib jalani SHK alias pemeriksaan kekurangan hormon tiroid, guna hindari resiko kelainan tumbuh kembang.

Hal ini ditandai dengan relaunching program Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK) bayi baru lahir di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK) adalah skrining/uji saring yang dilakukan pada bayi baru lahir untuk memilah bayi yang menderita Hipotiroid Kongenital (HK) dan bayi yang bukan penderita.

Baca Juga :  Wajib Tahu, Segini Jumlah Bidang Tanah yang Bersertifikat Melalui Program PTSL Sejak 2017 Lalu

Melansir kemkes.go.id, Jumat (2/9/2022), Wakil Menteri Kesehatan alias Wamenkes Dante Saksono Harbuwono menyebutkan bahwa dengan pencanangan tersebut, kedepan pemeriksaan SHK atau pemeriksaan kekurangan hormon tiroid bawaan wajib dilakukan kepada semua bayi baru lahir.

Baca Juga :  Ini Batas Maksimal Konsumsi Gula dan Garam Perhari, Jangan Sampai Melebihi Takaran Berikut ya

Hal ini merupakan implementasi dari transformasi layanan primer yang menekankan pada upaya promotif preventif.

Mengingat sebagian besar kasus kekurangan Hipotiroid Kongenital tidak menunjukkan gejala, sehingga tidak disadari oleh orang tua. Gejala khas baru muncul seiring bertambahnya usia anak.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com