JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Madu Alami untuk Kesehatan

Ilustrasi madu. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM Madu telah lama digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Selain itu, cairan berasa manis ini juga banyak digunakan untuk kecantikan.

Kasiat madu telah terbukti secara ilmiah dari berbagai hasil penelitian.

Seperti dilansir Healthshots pada Minggu (4/9/2022), madu terkenal dengan rasanya yang enak dan membawa rasa manis ke berbagai hidangan. Untuk mendapatkan kasiat madu, orang harus memastikan terlebih dahulu apakah madu yang akan dikonsumsi asli atau palsu.

Madu palsu jika dikonsumsi dapat berpotensi membahayakan kesehatan, sebaliknya madu alami akan bermanfaat untuk kesehatan.

Jika Anda menggunakan madu palsu sebagai pengganti madu alami, itu bahkan dapat membahayakan kesehatan Anda dalam banyak hal. Berikut lima manfaat madu untuk tubuh, yaitu:

1. Penambah energi

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Glukosa dalam madu meningkatkan tingkat energi dalam tubuh. Itu sebabnya madu digunakan sebagai bahan utama dalam sebagian besar minuman energi buatan rumahan. Ini membantu dalam mengurangi kelelahan dan kelesuan.

2. Sembuhkan luka yang terinfeksi

Madu dapat menyembuhkan kulit terbakar dan infeksi. Bahkan, menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di PubMed pada 2013 terungkap bahwa madu berkhasiat untuk membantu menyembuhkan luka akibat operasi.

Dikutip dari laman National Center for Biotechnology Information Amerika Serikat, para peneliti menemukan bahwa efek antibakteri dan antiinflamasi madu bertanggung jawab atas kekuatan penyembuhannya. Di sisi lain, madu dapat bermanfaat untuk banyak masalah kulit lainnya.

3. Penurunan berat badan

Mengenai penurunan berat badan, banyak ahli diet dan ahli kebugaran merekomendasikan minum madu dengan air hangat secara teratur di pagi hari dengan perut kosong. Ini karena sifat antinflamasi madu membantu meningkatkan metabolisme.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Meski begitu, usahakan untuk mengonsumsi madu dalam jumlah terbatas, jika tidak, itu justru bisa menambah berat badan Anda alih-alih menguranginya.

4. Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Institute of Medicine menyatakan bahwa sifat antioksidan madu sangat penting untuk kesehatan kulit. Bersamaan dengan ini, madu membantu mengurangi bintik hitam dan bertindak sebagai pelembap alami untuk kulit.

5. Membantu dalam memerangi bakteri

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa orang menggunakan madu untuk pilek dan batuk. Sifat antibakteri madu dapat membantu dalam memerangi infeksi bakteri yang menyebabkan batuk. Bersamaan dengan ini, madu mengencerkan dahak dan mengeluarkannya dari tubuh.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com