JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Solo Akan Miliki Museum Sains dan Teknologi Seluas 1 Hektare, Ada Roket hingga Replika Dinosaurus

Desain museum sains dan teknologi yang akan dibangun di Solo. Foto: JSNews/Ando
   

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Walikota Solo, Gibran Rakabuming berencana membuat museum baru di Kota Solo. Museum itu berisi koleksi tentang sains dan teknologi.

Rencana ini mencuat setelah Gibran melakukan pertemuan tertutup dengan Dato Sri Tahir, Ketua Yayasan Tahir Foundation di Rumah Dinas Walikota, Loji Gandrung, Rabu (7/9/2022).

“Ada pembangunan, nanti Januari 2023,” ungkapnya ketika dikonfirmasi usai melakukan tertutup dengan Dato Sri Tahir.

Gibran lalu membocorkan 3 buah desain gambar rencana museum tersebut kepada awak media. “Nanti tak ajak semua, videone sudah disiapkan tapi jangan sekarang. Judulnya museum sains dan teknologi. Ada roket, sama dinosaurus juga, nanti Januari,” terangnya.

Baca Juga :  PDIP dikabarkan  Bakal Merapat ke Prabowo, Begini  Reaksi Gibran

Disinggung mengenai dana pembangunan museum tersebut, Gibran enggan membeberkan lebih detail. “Nanti, nanti, kalau sudah pasti semua. Ini untuk kemajuan Kota Solo, sesuai rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) memajukan Solo Utara. Bukan cuma wisata, tapi wisata edukasi,” katanya.

Rencananya pembangunan museum tersebut akan dibangun di tanah seluas lebih dari 1 hektare. “Lokasinya sudah dipastikan, habis ini saya bicarakan dengan bagian aset dan hukum dulu. Intinya kita pastikan dulu dari sisi hukumnya, aman atau tidak. Saya pengennya ya model kerja sama kayak Taman Safari ada yang investasi dan bukan investasi aja tapi sebagai operator juga. Biar ada kerjasama dengan BUMD kita,” ujar Gibran setelah meninjau beberapa lokasi.

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

Meski demikian, diutarakan Gibran yang prioritas dipercepat untuk dibangun adalah hotel bintang 5 terlebih dahulu di Kota Solo. “Arahnya lebih ke museum sains dan teknologi, nanti tak pastikan. Yang jelas yang mau dipercepat hotelnya dulu ya. Dia kan punya tanah di Wisata Indah ya nanti dibangun disitu,” pungkasnya. (Ando)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com