JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tingkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh dan Cegah Sakit Saat Musim Pancaroba dengan 3 Vitamin Ini

Ilustrasi suplemen vitamin. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Musim pancaroba adalah pergantian dari musim kemarau ke hujan atau sebaliknya. Saat pancaroba biasanya banyak orang terkena penyakit batuk maupun pilek.

Agar tubuh selalu sehat saat musim pancaroba maka, penting untuk selalu menjaga kesehatan imun tubuh agar tubuh senantiasa sehat dan terlindungi dari penyakit.

Ada banyak cara meningkatkan daya tahan tubuh yang perlu diterapkan, seperti berolahraga, tidur yang cukup dan hingga mengonsumsi vitamin.

Vitamin sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, karena vitamin berperan dalam ratusan aktivitas di dalam tubuh, mulai dari menguatkan tulang, memulihkan luka, serta meningkatkan fungsi imun tubuh. Termasuk bertahan dari penyakit musiman seperti batuk pilek yang saat ini cukup marak berjangkit.

Baca Juga :  Sederet Fakta Tentang Kafein, Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Apabila Anda kekurangan vitamin, maka dapat berisiko menyebabkan seseorang mudah sakit dan terinfeksi patogen penyebab penyakit.Terdapat beragam jenis vitamin untuk daya tahan tubuh yang bisa kita cukupkan kebutuhannya.

Ragam Vitamin untuk Sistem Imun Tubuh Berikut Sumbernya
Melansir dari laman dinkes.kalbarprov.go.id, berikut beberapa jenis vitamin untuk sistem imun tubuh, termasuk:

1. Vitamin C

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrients menyebutkan vitamin C berkontribusi terhadap daya tahan tubuh dengan meningkatkan berbagai fungsi sel imun, baik sistem imun bawaan maupun sistem imun adaptif. Vitamin C pun mampu berperan dalam perlindungan tubuh dari berbagai penyakit.

Baca Juga :  Sederet Makanan yang Dapat Meningkatkan IQ

Selain itu, vitamin C juga memiliki efek antioksidan yang sangat besar untuk melindungi tubuh dari ketidakseimbangan radikal bebas. Sebagai pengendali radikal bebas, vitamin C dapat melindungi sel tubuh dari stres oksidatif pemicu penyakit.

Menurut para peneliti dari University of Michigan, asupan vitamin C sebanyak 500 mg sehari lebih disarankan untuk tubuh yang lebih sehat. Sementara itu, batas maksimal konsumsi vitamin ini yakni 2.000 mg. Apabila Anda mengonsumsi vitamin C lebih dari 2000 mg, dapat memicu masalah lain bagi tubuh, termasuk diare parah dan batu ginjal.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com