JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dapat Teguran Lisan dari PDIP, Begini Respons Ganjar Pranowo

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) menunjukkan dokumen didampingi Ketua DPP PDI Perjuangan Komaruddin Watubun dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan keterangan pers di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin, 24 Oktober 2022. Ketua DPP PDIP Komaruddin Watubun menyatakan pernyataan Ganjar telah menimbulkan multifasir di publik meskipun tak melanggar aturan partai . Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dewan Kehormatan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memberikan sanksi teguran lisan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo atas pernyataan kesiapannya maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dewan Kehormatan PDIP mengkonfirmasi Ganjar  di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Jakarta Pusat, pada hari ini, Senin (24/10/2022).

Dia menerangkan pernyataannya itu kepada Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komaruddin Watubun dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

“Demi menegakkan keadilan, kami jatuhkan sanksi teguran lisan kepada Ganjar sebagai kader,” kata Komarudin usai mengkonfimasi Ganjar.

Tidak melanggar aturan partai, tapi…

Komarudin menjelaskan, sebenarnya pernyataan Ganjar tidak melanggar aturan partai. Namun, kata dia, pernyataan ini menimbulkan multitafsir oleh publik.

“Tadi sudah disampaikan, setelah menilai dari aturan organisasi, meskipun tidak melanggar, tapi pernyataan ini menimbulkan multitafsir kepada publik,” kata dia.

Baca Juga :  Eko Patrio Disiapkan jadi Calon Menteri oleh PAN untuk Bantu Kabinet Prabowo-Gibran

Ganjar Pranowo tiba di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, pukul 15.58 WIB. Ia nampak mengenakan seragam PDIP lengkap dengan masker berwarna merah putih. Gubernur Jawa Tengah ini kemudian masuk ke Ruang Rapat II. Di sana, ia disambut oleh Hasto dan Komarudin.

Ganjar menyatakan siap maju pada Pilpres 2024 dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi swasta nasional.

“Kalau untuk bangsa dan negara, ya semua harus siap,” kata Ganjar saat ditanya soal kesiapannya menjadi calon presiden.

Respons Ganjar Setelah Mendapat Teguran Lisan

Ganjar mengatakan, sebagai kader yang taat, ia menyatakan taat terhadap keputusan tersebut dan akan memperbaiki kesalahannya.

“Terima kasih dari Pak Sekjen, Dewan Kehormatan, yang tadi sudah memberikan banyak penjelasan, clearance pada statement saya. Dan tentu sebagai kader yang taat, tadi diberi sanksi lisan tentu bagian dari komunikasi publik yang saya harus perbaiki,” kata Ganjar di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin, (24/10/2022).

Baca Juga :  Ditawari Menteri Emoh, Khofifah Pilih Maju Pilkada Jatim Saja

Ganjar tegaskan ikuti arahan partai

Dia pun menegaskan bahwa keputusan Capres maupun Cawapres berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kepada awak media, Ganjar menunjukkan pakaian yang dikenakan, yakni seragam PDIP. Menurut dia, seragam ini turut menjadi tanda bahwa ia kader yang tegak lurus terhadap arahan partai.

“Lihat baju saya. Semua keputusan terkait Pilpres adalah keputusan Ketum. Jadi semua pasti akan mengikuti, dan saya orang yang setuju,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com