JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Antisipasi Konflik Jelang Pilkades Serentak 9 November Sebanyak 27 Calon Kades di Karanganyar Gelar Deklarasi Damai

Deklarasi damai menjelang Pilkades serentak di Karanganyar / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Guna mengantisipasi resistensi jelang dilaksanakan Pilkades di 11 desa di Kabupaten Karanganyar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Diapermades) Karanganyar mengelar deklarasi damai, Senin (25/10/2022).

Sebanyak 27 calon Kades menandatangani komitmen bersama untuk perdamaian jika terjadi polemik pasca Pilkades maupun pra Pilkades.

Kepala Dispermades Pemkab Karanganyar Sundoro Budi Karyanto  mengatakan,  tahapan pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan 9 November alias tinggal sebentar lagi.

Untuk itu pihaknya meminta 27 calon kades di 11 Kecamatan tersebut   memantapkan komitmen damai menjaga keamanan dan  kondusivitas.

“Prinsipnya seperti itu meski ini kompetisi tingkat desa namun harus menjunjung tinggi kedamaian, kondusifitas agar Pikkade serentak 9 November 2022 berjalan lancar,” ungkap Kepala Dispermades Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto kepada wartawan di sela acara tersebut, Senin (25/10/2022).

Baca Juga :  504 Pramuka Siaga Meriahkan Pesta Siaga di Karanganyar

Sundoro menjelaskan tahapan Pilkades sudah final yakni hingga Daftar Pemilih Tetap (DPT) selanjutnya disebar undangan kepada pemilih untuk hadir di TPS.

Adapun 11 desa di 7 kecamatan yang menggelar Pilkades tersebut yakni Desa Klodran, Blulukan  (Colomadu), Desa Harjosari (Karangpandan) Desa Petung dan Wonokeling  (Jatiyoso),   Buntar dan Kaliboto (Mojogedang),
Ngadiluwih (Matesih) Toh Kuning,  Dukuh (Ngargoyoso), ) dan Ngijo (Tasikmadu).

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono MM pada arahannya mengatakan kunci kondusivitas berada pada masing-masing calon Kades karena sebagai top figur yang akan dipilih oleh rakyatnya. “Kuncinya terletak pada calon kades yakni menjaga kondusifitas mempunyai motivasi yang baik,” tandas Bupati.

Baca Juga :  504 Pramuka Siaga Meriahkan Pesta Siaga di Karanganyar

Selain itu Bupati berpesan kepada panitia pilkades harus tertib administrasi dan paham detail tahapan penyelenggaraan sehingga tidak membuat aturan sendiri.

Terpisah Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo menambahkan, persiapan Polres Karanganyar siap melakukan pengamanan jelang 9 November hingga pasca Pilkades. “Kami sudah menyiapkan  pasukan untuk pengamanan Pilkades termasuk BKO dari polres tetangga dan Brimob,” tandas Kapolres. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com