JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hari Santri Nasional, Kombes Pol Arif Ungkap Sejarah Resolusi Jihad Umat Muslim Bantu Kemerdekaan. “Memerangi Penjajah Hukumnya Fardu Ain!”

Kombes Pol Arif Budiman. Foto/Wardoyo

CIREBON, JOGLOSEMARNEWS.COM Hari Santri Nasional tahun 2022 dirayakan seantero nasional pada 22 Oktober 2022.

Namun barangkali tak banyak yang tahu sejarah dan kontribusi besar santri terhadap bangsa ini di masa penjajahan.

Adalah Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman yang membeber bagaimana sejarah perjuangan para santri ikut membebaskan negeri ini dari penjajah.

Baca Juga :  Mantan Walkot Blitar Samanhudi Anwar Diciduk Polisi, Diduga Terlibat Perampokan di Rumdin Wali Kota Blitar: Aksi Perampokan Disebut Direncanakan dari Lapas Sragen 

Arif menyampaikan Hari Santri Nasional yang ditetapkan setiap tanggal 22 Oktober diilhami dari resolusi jihad yang dikeluarkan Hadrastus Syech KH Hasyim Asy’ari.

“Salah satu isi resolusi jihad itu bahwasanya memerangi penjajah Belanda hukumnya adalah fardu ain bagi seluruh umat muslim,” papar mantan Kapolres Sragen itu kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (23/10/2022).

Kapolresta Cirebon, Kombespol Arif Budiman bersama jajaran pejabat di Cirebon Kota saat menghadiri peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2022. Foto/Wardoyo

Mantan penyidik Tipikor peraih penghargaan Kapolri tahun 2016 itu menyampaikan Hari Santri Nasional adalah momentum bagi semua elemen untuk berdaya menjaga martabat kemanusiaan.

Baca Juga :  Jadi BUMDes Terkaya, Ini Kunci Sukses Pengelolaan BUMdes Kaliwedi Sragen (Bag 2)

Peringatan HSN di Polresta Cirebon sendiri berlangsung khidmat dimeriahkan dengan penampilan seni Hadrah yang melibatkan para personel Polwan dan Polki di Polresta setempat.

Penampilan grup Hadrah Polresta Cirebon saat HSN 2022. Foto/Wardoyo

Acara juga dihadiri para pejabat teras terkait di wilayah Kota Cirebon. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com