JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kabar Gembira, Pemerintah Bakal Distribusikan Lagi Bansos Sembako Mulai 3 Oktober 2022

ilustrasi gaji. Foto: Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Kabar gembira untuk masyarakat. Pasalnya, mulai Senin (3/10/2022) besok,  pemerintah akan mendistribusikan bantuan sosial (Bansos) reguler yakni pemberian Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Isa Rachmatarwata menjelaskan,  untuk yang sembako dalam setahun anggaran yang digelontorkan sebanyak Rp 45,12 triliun.

Sasarannya diharapkan bisa menyediakan untuk 18,7 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang sudah dibayarkan periode Januari-September 2022.

“Ini ternyata yang menerima tidak full 18,7 juta KPM, dan yang sudah dibayakan uangnya Rp 33,41 trilun atau 74 persen dari yang anggaran Rp 45,12 triliun. Untuk Oktober-Desember akan dimulai Insya Allah besok, atau Senin lah mulai didistribusikan,” ujar dia dalam konferensi pers di Gedung Djuanda I, Kemenkeu, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga :  Layanan Pensiun PNS Akan Dipangkas Jadi Satu Hari Kerja. SOP Dipersingkat Jadi 2 Tahap

Adapun nilainya, Isa melanjutkan, adalah Rp 200.000 per bulan, sehingga setiap kali penyaluran itu jumlahnya Rp 600.000. Duit bansos itu penyalurannya dilakukan melalui Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara, sedangkan untuk daerah yang sulit dijangkau perbankan menggunakan PT Pos Indonesia—biasanya di daerah Papua, Papua Barat, dan sebagian Maluku.

Baca Juga :  Cari Puluhan Korban Gempa Cianjur, Basarnas Kerahkan 11 Anjing SAR

Sedangkan untuk bansos reguler PKH, target yang menerima sebanyak 10 juta KPM dengan jumlah anggaran dalam setahun Rp 28,71 triliun. Untuk realisasinya sampai dengan akhir triwulan 3 ini sudah disalurkan Rp 21,33 triliun atau 74,3 persen dari angaran yang satu tahun

“Triwulan empat ini juga sama tiga bulanan ini bansos PKH akan mulai dibayarkan nanti di mulai Senin, 3 Oktober,” tutur Isa.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com