JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Menang Dramatis, Eny Nursuyanti Jadi Satu-Satunya Calon Kades Wanita yang Berhasil Terpilih

Eny Nursuyanti, pemenang di Pilkades Plumbon, Kecamatan Sambungmacan yang memenangi Pilkades secara dramatis atas petahana. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang digelar di 19 desa di Sragen, Selasa (25/10/2022) menyisakan kejutan.

Salah satunya di Pilkades Desa Plumbon, Kecamatan Sambungmacan. Calon petahana, Totok Aribowo secara dramatis harus tumbang dari penantangnya, Eny Nursuyanti.

Totok harus mengakui keunggulan Eny dengan selisih hanya 155 suara. Dari perhitungan suara total, Eny meraup 1.812 suara sedangkan sang petahana 1.657 suara.

Perolehan suara keduanya bersaing ketat sejak awal. Di beberapa TPS, perolehan suara keduanya saling susul sehingga proses perhitungan suara sempat menghadirkan ketegangan.

Baca Juga :  Ratusan Perangkat Desa di Sragen Geruduk DPRD. Kompak Tuntut Revisi Perbup

Namun hasil perolehan akhir, Eny akhirnya dinobatkan sebagai pemenang setelah mengungguli Totok.

Total daftar pemilih tetap (DPT) 4.172 orang, dengan suara tidak sah tercatat sebanyak 46 suara.

Kemenangan Eny langsung disambut gegap gempita oleh pendukungnya. Kemenangan itu seolah membalas kekalahan almarhum suaminya yang harus takluk oleh Totok pada Pilkades periode sebelumnya.

Kemenangan itu juga menempatkan Eny menjadi satu-satunya calon kades wanita yang terpilih dalam Pilkades serentak 19 desa kali ini.

Selebihnya, ada 8 calon perempuan yang gagal karena diyakini hanya dipasang sebagai calon bayangan untuk mendampingi calon utama dan suami menghindari kotak kosong.

Baca Juga :  Harga Beras Sragen Mencekik, 2 Politisi Cantik Ini Rela Terjun Gelar Pasar Murah. Berasnya Premium Harga Cuma Segini

Delapan calon perempuan yang kalah itu masing-masing di Pilkades Jambanan, Gedongan, Dawung, Keden, Sumberejo, Plosorejo, Banyurip dan Jirapan.

Eny telah sukses melakukan revans atas kekalahan almarhum suaminya. Kini amanah besar yang diraihnya bukan lagi untuk membalaskan kekalahan suami namun untuk perubahan dan kemajuan desa seperti yang diharapkan warga. Wardoyo

Hasil Akhir Pilkades Plumbon Sambungmacan:
1. ENY NURSUYANTI (swasta) 1812 suara
2. Totok Aribowo (incumbent) 1657 suara
Suara tidak sah: 46 suara
Total DPT: 4172
Sumber: Dinas PMD

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com