JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Munculnya Narasi Nasdrun setelah Deklarasi Anies oleh NasDem, Pengamat: Ada Semacam Romantisme Saat Anies bertemu Rizieq Shihab

Pengamat politik UIN Jakarta Adi Prayitno menyebut istilah Nasdrun muncul setelah Anies Baswedan bertemu dengan mantan Habib Rizieq Shihab (HRS) / tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Deklarasi Anies Baswedan sebagai Capres 2024 oleh Partai NasDem, ternyata memunculkan narasi baru yakni “Nasdrun”.

Narasi itu muncul, menurut pengamat politik Adi Prayitno, karena selama ini Anies Baswedan berkaitan erat dengan kelompok Islam ‘kanan’ atau ekstrem.

Bahkan, lanjut dia, istilah Nasdrun muncul setelah Anies Baswedan bertemu dengan mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS).

“Artinya image Anies dekat dengan kelompok islam kanan itu tidak automaticly hilang ketika Anies mulai langsung dicapreskan oleh NasDem,” kata Adi Prayitno dalam acara Adu perspektif Total Politik yang berlangsung daring, Selasa (11/10/2022) malam.

“Buktinya apa, turunan dari ketemu HRS, ke Petamburan muncul tagar tentang Nasdrun itu,” lanjut dia.

Baca Juga :  Silaturahmi dengan Komunitas Pelestari Seni Budaya Nusantara Surakarta, Anies Belanja Masalah

Di sisi lain, Anies Baswedan mengunjungi tokoh agama di penghujung masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Kunjungan Anies Baswedan kepada tokoh agama selain Islam ini dilihat publik sebagai seremonial biasa menjelang lengser dari kursi DKI 1.

Namun, Adi menilai pandangan publik akan hal itu meluruh saat Anies Baswedan datang ke Petamburan.

“Memori kolektif orang itu ya Anies, Petamburan dan HRS, bukan Anies datang ke sejumlah tokoh agama yang lain.”

“Pembacaan saya di media sosial ataupun di media mainstream. Itu mengquote bagaimana ada semacam romantisme antara Anies dengan HRS ketika bertemu,” tuturnya.

Baca Juga :  15 Jiwa Mengungsi Dampak Longsor di Desa Kurra dan Lembang Toyasa Akung Kecamatan Bangkelikila Toraja Utara

Dalam kesempatan yang sama, Politikus NasDem Zulfan Lindan mengatakan NasDem tidak khawatir atas narasi yang beredar.

Begitu juga terhadap pandangan masyarakat soal deklarasi Anies Baswedan Capres 2024 oleh NasDem.

Zulfan meyakini Anies baswedan tidak seperti pandangan banyak masyarakat yang kerap mengasosiasikan Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam poros politik sayap kanan.

“Anies tampaknya tidak peduli dengan pendapat-pendapat, pandangan-pandangan terhadap dia apakaha dia ini kanan atau tengah. Jadi dia jalan saja. Saya kira (NasDem) enggak perlu khawatir. Karena kita yakin Anies tidak seperti dituduhkan oleh kawan-kawan itu,” ujar Zulfan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com