JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Ratusan Anggota Pramuka di Boyolali Ikuti Lomba Regu Penggalang Tingkat III

Lomba Regu Penggalang Tingkat III yang berlangsung di Boyolali / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM   – Lomba regu penggalang tingkat III (LT 3) digelar oleh Kwartir Cabang Boyolali di SMPN 3 Mojosongo pada Selasa – Jumat,(4-7/10/2022). Lomba diikuti total sebanyak 144 anggota Pramuka penggalang dari berbagi SMP/MTs se- Kabupaten Boyolali.

Kegiatan ini merupakan agenda setiap empat tahun sekali yang dimulai dari lomba tingkat I oleh gugus depan atau di Pangkalan sekolahan masing masing. Kemudian lomba tingkat II oleh Kwartir Ranting di tingkatan Kecamatan.

Lomba tingkat III oleh Kwartir Cabang dan lomba tingkat IV oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah.

“Sebelumnya kegiatan lomba regu penggalang tingkat III (LT 3) ini sempat vakum akibat pandemi Covid-19. Tahun ini digelar kembali dengan tetap mentaati protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ujar Ketua Kwarcab Boyolali, Kak Supana, Kamis (6/10/2022).

Dijelaskan, kegiatan kali ini ada berbagai event atau cabang lomba. Mulai dari kreatifitas, scouting skill, kegiatan persaudaraan dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan ketrampilan penggalang.

Baca Juga :  Jaga Silaturahmi dan Kerukunan, Ratusan Guru dan Tenaga Kependidikan di Boyolali Ikuti Halal Bihalal

“Peserta tercatat ada 10 regu putri  dan delapan regu putra dari 20 Kwarran di Kabupaten Boyolali. Alhamdulilah ada tambahan satu kwarran yang baru saja dilantik yaitu Kwarran Gladagsari bisa ikut ambil bagian dalam lomba LT III ini.”

Ketua panitia, Kak Darmawan Eko Habriono, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Kwarcab Boyolali bidang pembinaan anggota muda menambahkan, cabang lomba dalam kegiatan ini pada dasarnya menantang karena membutuhkan fisik yang sehat, spiritual, emosional dan ketangkasan.

“Cabang lomba tersebut diantaranya seperti angkat perbekalan, halang rintang, wide game, serta orientasi medan.”

Kegiatan lomba lingkat III yang digelar oleh Kwarcab Boyolali ini salah satu tujuannya yaitu untuk mewadahi adik adik pramuka penggalang yang punya kemampuan dan berprestasi serta kreatifitas tinggi untuk menjadikan mereka anggota pramuka yang handal serta tentunya menjadi pramuka garuda.

Baca Juga :  Dua Desa di Lereng Merbabu, Boyolali Diterjang Angin Puting Beliung

“Pramuka garuda merupakan pramuka yang paripurna dalam semua tingkatan, mulai dari golongan siaga, penggalang, penegak, hingga pandega.”

Sementara itu salah satu peserta dari Kwarran Ngemplak, Septiana Rahmadani (14), mengaku senang bisa mengikuti lomba LT III ini. Pasalnya, kegiatan lomba bisa menambah teman, apalagi kegiatan juga mengasyikan.

“Santai namun tetap membutuhkan kreatifitas, saya baru pertama kali ikut kegiatan seperti ini tentunya ini menjadi pengalaman baru buat saya.”

Humas Kwarcab Boyolali, Eksani mengungkapkan, kegiatan juga untuk menjaring adik adik Pramuka penggalang dari SMP/ MTs yang memiliki kemampuan dan kreatifitas dalam hal kepramukaan serta berkesenian.

Diharapkan, adik-adik Pramuka penggalang ini nantinya menjadi pribadi yang berkarakter Pancasila. Serta nantinya bisa menjadi pemimpin yang hebat.

“Bagi regu yang berhasil menjadi juara 1 akan mewakili Kwarcab Boyolali ke lomba tingkat IV Kwartir Daerah Jawa Tengah pada awal November mendatang.” Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com