JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Rudy Dukung Ganjar, Hasto: Jika Itu Benar, Artinya Pelanggaran, Bisa Kena Sanksi Disiplin

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto berbicara kepada wartawan usai membuka acara lokakarya di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin ( 9/7/ 2018) / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –ย  Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menegaskan, siapapun kader PDP yang berani menyebut nama capres dan cawapres sebelum Ketua Umum PDIPย  Megawati Soekarnoputri, akan dijatuhi sanksi.

Hasto menegaskan,ย  keputusan soal capres dan cawapres merupakan kewenangan penuh dari Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri.

โ€œSaya, Pak Djarot, Pak Rudi Solo dan seluruh kader Partai juga akan mendapat sanksi disiplin jika melanggar ketentuan tersebut. Sebab segala sesuatu ada momentum dan tahapannya,โ€ kata Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2022).
Sebagaimana diketahui, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Solo,ย FX Hadi Rudyatmoย (Rudy)ย  menyatakan mendukung Ganjar Pranowo maju capres 2024.

Namun, ia saat itu menyebut jika Ketua Umum PDIP Megawati sudah menetapkan Ganjar sebagai capres partai banteng itu.

Menanggapi hal tersebut, Hasto Kristiyanto mengatakan, seluruh kader partai mesti berfokus membantu kinerja Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Hasto mengaku belum tahu-menahu ihwal pernyataan Rudy yang mendukungย Ganjar. Jika benar, kata dia, maka itu merupakan bentuk pelanggaran.

โ€œSaya belum membaca pernyataannya (FX Rudyatmo), namun sekiranya itu benar, maka itu pelanggaran, sama dengan kader lain yang melakukan hal yang sama,โ€ kata Hasto.

Baca Juga :  Antisipasi Situasi Geopolitik dan Dampak Ekonomi Usai Serangan Iran ke Israel, Ini Strategi yang Diambil Menkeu Sri Mulyani

Dia mengatakan pernyataan dukungan kepada sosok capres dan cawapres tertentu sebelum diputuskan Megawati merupakan pelanggaran terhadap disiplin partai.

Jika ada kader yang nekat, Hasto mengatakan Dewan Kehormatan Partai bakal turun tangan mengurus dugaan pelanggaran ini.

โ€œSekiranya yang Pak Rudy menyatakan, siapapun, bukan hanya Pak Rudy, Pak Djarot Saiful Hidayat, kalau menyatakan si A itu capres. Maka itu adalah pelanggaran. Jadi siapapun itu. Pak Djarot, saya dan siapapun,โ€ kata dia.

Hasto menyebut sikap partai ini penting demi memastikan semua kader berdisiplin menjalankan tugas partai. Apalagi, kata dia, saat ini Indonesia sedang dihadapkan pada sejumlah masalah global.

โ€œJadi terus bersemangat, jangan berpolitik di awang-awang, sementara rakyat menjadi korban kebanjiran dan menghadapi berbagai tekanan kehidupan akibat pandemi dan tekanan perekonomian global,โ€ kata dia.

Sebelumnya, Rudy menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Menurut dia, kader yang mendukung kader lain sah dilakukan.

“Aku dukung (Ganjar Pranowo jadi capres). Kader mendukung kader kan sah. Tapi semua manut Ketua Umum. Kalau saya mendukung satu juta persen,” kata Rudy di sela-sela pelaksanaan Psikotes DPP PDIP untuk Penjaringan Bakal Caleg PDIP di Kota Solo, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga :  Wilayah Pacitan Diguncang Gempa Magnitudo 5.1, Ini Penjelasan BMKG

Di Papan Atas Sejumlah Survei

Saat ini, elektebilitas Ganjar Pranowo untuk maju sebagai capres pada Pemilu 2024 terus meningkat. Nama Gubernur Jawa Tengah itu muncul di berbagai survei dan dijagokan oleh sejumlah parpol.

Partai yang mendukung Ganjar Pranowo maju menjadi capres di antaranya Partai Solidaritas Indonesia (PSI),ย  disusul sejumlah PAC dan PAW Partai Persatuan Pembangunan ( PPP), serta internal Partai Amanat Nasionalย  (PAN).

“Artinya, kader PDIP laku dijual. Ganjar dIcalonkan dari PPP berarti kader itu apik to (bagus kan). Bukan hanya bagi internal (PDIP) saja, eksternal juga, ada PAN juga,” kata dia

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, parpol lain yang mendukung Ganjar bukan untuk membajak kadernya melainkan sebagai bentuk dukungan semata.

“Bukan membajak, kita realistis saja. Saya seneng ada partai yang meminang. Banyak yang mendukung berarti baik to,” katanya.

Rudy berharap dengan banyaknya dukungan kepada Ganjar, maka posisi PDIP semakin menguat dalam Pemilu 2024 mendatang.

Sehingga, kata dia,ย Pilpres 2024ย bisa kembali dimenangkan oleh PDIP.

“Berarti presiden 2024 dari PDIP lagi. Tapi semua manut Ketua Umum,โ€ kata Rudy.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com