JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sama-sama Diabetes, Ini Perbedaan Tipe 1 dan 2, Penyebab dan Pengobatannya

Ilustrasi cek gula darah diabetes. pexels
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM Diabetes terbagi menjadi dua, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Dari namanya memang sama, tetapi ternyata mereka adalah penyakit dan penyebab yang berbeda.

Mengutip Heatlhline diabetes tipe 1 disebabkan oleh reaksi autoimun dan berkembang sejak lahir atau keturunan. Adapun diabetes tipe 2 berkembang selama bertahun-tahun dan faktor gaya hidup seperti tidak aktif dan kelebihan berat badan. Diabetes tipe 2 biasanya didiagnosis pada orang dewasa.

Penyebab Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Diabetes tipe 1 adalah suatu reaksi autoimun. Pada orang dengan diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh menyerang sel beta penghasil insulin di pankreas. Setelah sel beta ini dihancurkan, tubuh tidak dapat memproduksi insulin. Pola makan dan kebiasaan gaya hidup tidak menyebabkan diabetes tipe 1.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Orang dengan diabetes tipe 2 memiliki resistensi insulin. Tubuh masih memproduksi insulin, tetapi tidak dapat menggunakannya secara efektif. Penyebabnya karena gaya hidup dan kelebihan berat badan.

Ketika terdiagnosis diabetes tipe 2, pankreas akan mencoba mengimbanginya dengan memproduksi lebih banyak insulin. Karena tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif, glukosa menumpuk di aliran darah

Perawatan Diabetes

Pada diabetes tipe 1, perawatan yang bisa dilakukan yaitu menggunakan suntik insulin untuk mengontrol gula darah.

“Disuntik tiap malam dengan dosis 12 unit,” kata Masnah, perempuan berusia 65 tahun yang sudah diabetes selama 10 tahun. Selain mendapat dosis suntik insulin, ia juga dapat obat rutin yang diresepkan oleh dokter spesialis penyakit dalam.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Baginya, mendapat tambahan dosis insulin setiap malam dapat menambah energi dan tenaganya. Jika tidak, pagi harinya ia akan merasa lemas dan tidak bertenaga.

Senada dengan kutipan pada lawan web WebMD yang menyebutkan bahwa insulin merupakan “bahan bakar” bagi tubuh. Bila tidak terproduksi dengan baik, tubuh akan kehilangan sumber tenaga.

Sedangkan pada diabetes tipe 2, perawatan yang dilakukan tak jauh berbeda dengan diabetes tipe 1. hanya saja perlu ada perlakuan tambahan. Misalnya melakukan diet dan rutin berolahraga.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com