JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Warna Madu Berbeda-beda, Apa Rasa dan Khasiatnya Tetap Sama?

Ilustrasi madu. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Madu merupakan cairan yang dihasilkan oleh lebah. Umumnya madu diidentikkan dengan rasa manis dan berwarna cokelat.

Tetapi pada kenyataannya madu memiliki berbagai macam rasa dan warna. Melansir dari honey.com, setidaknya terdapat 300 jenis madu yang berbeda.

Mengapa hal itu bisa terjadi, lalu apa yang menyebabkan madu memiliki warna dan rasa yang beraneka ragam?

Madu hadir dalam banyak warna, mulai dari transparan dan “putih” yang dikenal sebagai madu putih hingga kuning gelap. Dalam beberapa kasus, juga ditemukan madu berwarna tidak biasa, seperti merah atau biru-hijau.

Tak hanya memengaruhi dua aspek tersebut, sumber nektar memengaruhi aroma suatu madu yang hasilkan oleh lebah. Keragaman aroma, warna, dan rasa terjadi bergantung terhadap sumber nektar yang dikonsumsi lebah. Nektar mengandung mineral dan komponen lainnya yang bertanggung jawab atas warna, rasa, dan aroma madu. Umumnya, madu berwarna terang memiliki rasa lebih ringan sedangkan madu berwarna gelap mempunyai rasa lebih kuat.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Selain itu, dilansir mybeeline.co, musim juga memengaruhi warna madu. Misalnya, madu yang dipanen di musim semi, seperti madu akasia dan semanggi, memiliki tekstur ringan dan warna transparan. Ketika madu dipanen saat musim panas, warnanya cenderung kuning cerah dengan rasa buah. Sementara ketika dipanen di musim gugur, warnanya lebih gelap dengan rasa yang lebih tajam.

Madu dapat mengalami perubahan warna seiring berjalannya waktu bergantung penyimpanan dan suhu. Madu yang berwarna terang akan semakin terang. Sementara madu yang berwarna gelap akan semakin gelap. Walaupun tetap aman untuk dimakan, sebaiknya simpan madu di tempat sejuk dan kering.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Warna madu secara signifikan mempengaruhi kualitas dan rasa madu. Warna madu juga bisa menentukan jumlah antioksidan yang terkandung di dalamnya. Madu yang berwarna lebih gelap biasanya memiliki konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi sedangkan warna madu lebih terang memiliki konsentrasi antiokasidan yang lebih rendah.

Terlepas dari warna madu, semua jenis madu memiliki khasiat kesehatan yang baik untuk tubuh. Konsumsi madu setiap hari sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com