JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Banyak yang Tak Tahu, Ini Perbedaan Burger dan Hamburger

burger hamburger
Ilustrasi burger. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Hamburger dan burger merupakan makanan cepat saji yang disukai banyak orang, terutama di kota-kota besar.

Burger merupakan makanan cepat saji dengan isian, sayuran, keju, saus dan aneka daging. Makanan cepat saji ini disukai sebagian orang karena rasanya yang enak dan mengenyangkan.

Bagi orang awam yang jarang mengonsumsi keduanya, mungkin belum mengetahui bahwasannya keduanya ternyata memiliki perbedaan. Apa sajakah itu?

1. Jenis

Mengutip Bar Burger, burger didefinisikan sebagai hidangan yang terdiri dari isian, sayuran, keju, dan saus di dalam roti bundar. Ada berbagai jenis burger, misalnya fishburger, hamburger, mushroomburger, pizzaburger, porkburger dan vegeburger, dan lain-lain.

Sementara hamburger merupakan salah satu jenis dari burger dengan isian daging apa saja. Jadi, patty hamburger bisa berasal dari daging sapi, ayam, kambing, dan lain-lain. Roti hamburger juga bisa dibuat dari berbagai jenis tepung, salah satunya gandum.

2. Asal Nama

Jika burger merupakan sebutan untuk hidangan roti yang bisa berisi apa saja, sebutan hamburger lebih memiliki nilai historis.

Mengutip Best Burger Guide, sebutan hamburger merujuk pada burger yang berasal dari Hamburg, Jerman. Sama seperti hot dog frankfurter, yang dinamai begitu karena berasal dari Frankfurt, Jerman.

Hamburger diyakini berkembang dari Hamburg Steak, yang mencapai Amerika dari Kota Hamburg pada abad ke-19.

3. Perbedaan Utama

Hamburger hanya disajikan dengan isian daging giling. Di sisi lain, burger tersedia dalam berbagai isian (sayuran, ayam, daging kambing, ikan, jamur, dan lain-lain).

Dari segi kesehatan, patty daging giling dalam hamburger dianggap kurang sehat karena mengandung lemak. Sementara burger dianggap lebih sehat karena menyediakan berbagai alternatif isian yang lebih ramah kesehatan.

Hamburger dianggap berasal dari Hamburg, Jerman. Sebaliknya, burger yang dianggap makanan vegetarian berasal dari tahun 1982 di London.

Hamburger umumnya disajikan dengan brioche, sejenis roti. Di sisi lain, burger biasanya disajikan dengan roti ramah vegan (roti nabati).

Beberapa gerai makanan cepat saji populer untuk burger, termasuk McDonald’s dan McDonald’s Gourmet. Sedangkan untuk hamburger adalah Wendy’s, Burger King, dan McDonald’s.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com