JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Daftar 5 Desa Sadar Adminduk, Ternyata Dikuasai Wilayah Kecamatan Non Kota

Adminduk
Para pimpinan desa sadar adminduk usai menerima penghargaan dari Disdukcapil Wonogiri. Foto : istimewa
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ini dia daftar 5 desa sadar adminduk alias administrasi kependudukan di Wonogiri.

Ternyata kelima desa sadar adminduk itu berasal dari wilayah kecamatan non kota.

Berdasarkan data yang diperoleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Wonogiri kelima desa disebut-sebut telah sadar adminduk.

Urutan terbaik lima desa sadar adminduk 2022 adalah Desa Tunggur Kecamatan Slogohimo (juara 1), Desa Sumberejo Kecamatan Batuwarno (juara 2), Desa Wuryantoro Kecamatan Wuryantoro (juara 3), Desa Giriharjo Kecamatan Puhpelem (harapan 1), dan Desa Sambiroto Kecamatan Pracimantoro (harapan 2).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Wonogiri Herdian membeberkan pihaknya sebelumnya menganalisa data persentase kepemilikan dokumen kependudukan. Dari hasil evaluasi ditetapkan lima desa/kelurahan sadar adminduk terbaik yang diberi penghargaan.

Baca Juga :  Mengenal Pemanfaatan Program Indonesia Pintar di Ujung Barat Laut Wonogiri

“Ada sejumlah hal yang menjadi kriteria desa/kelurahan sadar adminduk,” kata Plt Kepala Disdukcapil Wonogiri Herdian, Selasa (29/11/2022).

Plt Kepala Disdukcapil Wonogiri Herdian memaparkan, kriteria itu di antaranya adalah capaian kepemilikan KTP elektronik minimal 98 persen, kepemilikan KIA minimal 90 persen dan kepemilikan akte kelahiran 0-18 tahun minimal 98 lersen. Lalu juga memiliki loket adminduk online berstatus aktif dan aktif menjalankan AYO SKAK (Ayo Segera Kirim Akta Kematian).

Plt Kepala Disdukcapil Wonogiri Herdian menuturkan, pihaknya telah melakukan monitoring dan evaluasi untuk mewujudkan loket online Telunjuk Sakti (aplikasi mengurus adminduk buatan Disdukcapil Wonogiri) di 294 desa/kelurahan. Aplikasi itu juga bisa dimanfaatkan lewat ponsel warga di rumah sehingga bisa mengurus sejumlah dokumen kependudukan lebih mudah tanpa perlu ke Disdukcapil Wonogiri.

Baca Juga :  Ide Lomba Peringatan Hari Kartini 2024, Inspiratif!

Plt Kepala Disdukcapil Wonogiri Herdian menambahkan, monitoring dan evaluasi dilakukan lewat aplikasi Statistik Loket, Survey Kepuasan Masyarakat (SKM). Selain itu juga penelusuran aspirasi di media sosial.

“Hasilnya dijadikan dasar tiap tahun melaksanakan evaluasi Desa/Kelurahan Sadar Adminduk,” kata Plt Kepala Disdukcapil Wonogiri Herdian sembari menerangkan evaluasi dilakukan sejak 21-25 November lalu.

Plt Kepala Disdukcapil Wonogiri Herdian mengatakan berdasarkan petunjuk dari Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Disdukcapil didorong untuk memberikan pelayanan adminduk yang lebih dekat dengan masyarakat. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com