JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Gelar Aksi Peduli Lingkungan, Alumni Planologi Undip Terima Penghargaan Inspirasi Jaga Lingkungan

Ketua IKA Planologi Undip, Mohammad Saleh (depan kanan) menerima penghargaan dari Leprid. Foto: dok

 

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Ikatan Alumni (IKA) Planologi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggandeng Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Undip dan Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi (HMTP) mengadakan serangkaian aksi peduli lingkungan.

Aksi Peduli Lingkungan tersebut sebagai bentuk perhatian IKA Planologi Undip terhadap isu-isu lingkungan. Aksi peduli lingkungan tersebut diwujudkan dalam bentuk bersih-bersih sungai dan pantai di 10 lokasi yang tersebar di Tanah Air dengan melibatkan 1.000 alumni Teknik Planologi Undip. Dari aksi itu, terkumpul sampah seberat 15,9 ton.

Menurut Mohammad Saleh, Ketua IKA Planologi Undip, kegiatan peduli lingkungan tersebut dalam rangka untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-30 PWK Undip, yang pelaksanaannya sudah mulai sejak Agustus lalu. Pihaknya juga menggandeng Yayasan Bintari Semarang.

Baca Juga :  Casytha Kathmandu, Putri Bambang Pacul Bersaing Ketat dengan Taj Yasin di Pileg DPD Jateng

Kegiatan akhir dari aksi peduli lingkungan dilakukan di area sungai dan waduk Undip. “Pelaksanaan kegiatan tersebut kemudian mendapat apresiasi atau penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid),” kata Saleh, Minggu (27/11/2022).

“Ini bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan, sekaligus ingin memberikan contoh nyata kepada masyarakat, khususnya mahasiswa Planologi Undip dan alumni,” tambah Saleh.

Adapun penghargaan dari Leprid secara simbolis diberikan kepada beberapa pihak. Antara lain Ketua IKA Planologi Undip Mohammad Saleh selaku pemrakarsa, lelau Ketua Departemen PWK Undip Prof Dr Ing Wiwandari Handayani selaku inspirator, Ketua Panitia HUT ke-30 PWK Undip Mamo Arief Sudarmono dan Yayasan Bintari Semarang sebagai pendukung.

Baca Juga :  Casytha Kathmandu, Putri Bambang Pacul Bersaing Ketat dengan Taj Yasin di Pileg DPD Jateng

Selain itu, IKA Planologi Undip juga menggelar kegiatan bertajuk Dipocition 2022 : Paradise (Planologi, Art and Street Food in Semarang).

Kegiatan ini menyajikan aspek budaya perkotaan dalam tata ruang Kota Semarang melalui pertunjukan musik, pameran seni, kuliner dan sebagainya di Gedung Juang Semarang.

Sementara itu, Pendiri Leprid Paulus Pangka mengatakan, aksi peduli lingkungan yang dilakukan oleh IKA Planologi Undip diharapkan memberikan inspirasi positif, baik terhadap aktivis lingkungan, akademisi, mahasiswa maupun masyarakat umum.

“Kami turut memberikan apresiasi. Ini merupakan prestasi yang inspiratif yang dilakukan oleh IKA Planologi Undip. Leprid memberikan penghargaan, karena mereka bisa memberi contoh nyata dalam menjaga dan melestarikan lingkungan,” katanya. (ASA)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com