JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Pesan Pendiri NU dan Pendiri Muhammadiyah untuk Guru, Jangan Bertanya Sudah Paham atau Belum

Rias pengantin
Keberhasilan pelajar SMKN 2 Ponorogo Jatim menyabet juara dalam ajang bergengsi Mataraman Art Festival se-Bakorwil Madiun. Dok. SMKN 2 Ponorogo

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Berikut ini ada pesan pendiri NU dan pendiri Muhammadiyah untuk guru.

Di antara pesan pendiri NU dan pendiri Muhammadiyah untuk guru adalah guru jangan bertanya sudah paham atau belum. Selain itu seorang guru harus bisa menjadi murid.

Melansir kemenag.go.id, Minggu (27/11/2022), Kementerian Agama menggelar peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022. Helat ini dihadiri para Guru dan Kepala Madrasah Kreatif, Inovatif, dan Dedikatif dari berbagai daerah di Indonesia.

Menag Yaqut Cholil Qoumas memberikan apresiasi dan terima kasih atas dedikasi guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca Juga :  Cek Prakiraan Cuaca Soloraya Kamis 2 Februari 2023, Wilayah Mana Saja yang Bakal Diguyur Hujan Lebat?

“Dalam Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim, pendiri NU KH Hasyim Asy’ari mengatakan, memandang semua muridnya dengan pandangan kasih sayang, tanpa membedakan antara murid yang satu dengan yang lain itu adalah watak guru. Salah satu bentuk kasih sayang ini adalah selalu bersedia ditanya dan diminta bimbingan jika murib belum memahami apa yang diajarkan guru. Guru tidak boleh pelit terhadap ilmu yang dimilikinya. Tidak pantas seorang guru menanyakan menanyakan kepada muridnya, apakah kamu sudah paham atau belum, tapi terus ajarkan sehingga murid paham dengan sendirinya,” tutur Menag Yaqut Cholil Qoumas. mengutip nasihat pendiri NU.

Baca Juga :  Simak Prakiraan Cuaca Soloraya Selasa 31 Januari 2023, Solo Sukoharjo Klaten Boyolali Karanganyar Sragen Wonogiri Hujan Tidak ya?

Mohon untuk tidak berpuas hanya menjadi guru. Jadilah seniman yang selalu melukis pikiran orang-orang,” beber Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Di hadapan para guru, Menag Yaqut Cholil Qoumas juga mengingatkan salah satu pesan KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com