JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Kaya Nutrisi, Ini Sederet Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Buah alpukat. Foto: Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak nutrisi. Sebab itu, aplukat bermanfaat banyak untuk kesehatan.

Selain rasanya yang lezat, alpukat merupakan buah dengan serat yang baik, dan mengandung lebih banyak lemak jenis yang baik daripada karbohidrat, sehingga sangat populer pada diet rendah karbohidrat seperti dengan diabetes.

Asal buah alpukat adalah dari Meksiko dan Amerika Tengah, tetapi mereka dibudidayakan di banyak wilayah di dunia, termasuk Indonesia.

Kandungan Nutrisi Buah Alpukat

Alpukat kaya akan banyak nutrisi, termasuk serat, lemak sehat, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, kalium, magnesium, dan folat. Mengutip dari Healthline, berikut adalah rincian nutrisi untuk 7 ons (201 gram) alpukat, diantaranya:

– Kalori: 322

– Lemak: 30 gram

– Protein: 4 gram

– Karbohidrat: 17 gram

– Serat: 14 gram

– Vitamin C: 22 persen dari nilai harian (DV)

– Vitamin E: 28 persen dari DV

– Vitamin K: 35 persen dari DV

– Riboflavin (B2): 20 persen dari DV

Baca Juga :  Waktu dan Cara yang Tepat untuk Cek Gula Darah

– Niasin (B3): 22 persen dari DV

– Asam pantotenat (B5): 56 persen dari DV

– Pyridoxine (B6): 30 persen dari DV

– Folat: 41 persen dari DV

– Magnesium: 14 persen dari DV

– Kalium: 21 persen dari DV

– Tembaga: 42 persen dari DV

– Mangan: 12 persen dari DV

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan
Selain kaya akan nutrisi, alpukat menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Berikut ini adalah manfaat alpukat untuk kesehatan, diantaranya:

1. Kesehatan Usus

Alpukat kaya akan serat, yang penting untuk sistem pencernaan yang sehat. Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat bermanfaat bagi kesehatan usus dengan meningkatkan keragaman bakteri dan mengurangi konsentrasi asam empedu tinja.

2. Membantu Mengurangi Faktor Risiko Penyakit Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya alpukat dapat membantu meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, yang dapat membantu mencegah timbulnya penyakit jantung. Alpukat dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL pelindung jantung dan menurunkan kadar kolesterol LDL teroksidasi, sejenis kolesterol yang secara signifikan terkait dengan aterosklerosis, atau akumulasi plak di sepanjang dinding arteri.

Baca Juga :  Waktu dan Cara yang Tepat untuk Cek Gula Darah

3. Antioksidan dan Anti-inflamasi

Alpukat adalah sumber antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang sangat baik seperti vitamin C, vitamin E, dan lutein karotenoid.

4. Kesehatan Mata

Melansir dari WebMD, alpukat memiliki lutein dan zeaxanthin, yang menyerap gelombang cahaya yang dapat merusak penglihatan Anda. Orang yang makan banyak makanan kaya antioksidan ini cenderung tidak mengalami degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua.

5. Meningkatkan Mood

Dalam secangkir irisan alpukat, Anda akan mendapatkan sekitar 118 mikrogram folat, yang hampir sepertiga dari apa yang dibutuhkan kebanyakan orang dewasa setiap hari. Orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin B ini bisa lebih rentan terhadap depresi dan cenderung tidak merespon dengan baik terhadap antidepresan. Folat juga berperan dalam mencegah cacat lahir, sehingga ibu hamil dan baru didorong untuk mendapatkan lebih banyak.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com