JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

OJK Komitmen Tingkatkan Literasi Keuangan Hingga Tingkat Desa

OJK bakal menggandeng para kepala desa/lurah untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat / Foto: Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berkomitmen untuk meningkatkan literasi keuangan hingga ke tingkat desa.

Salah satu upaya dilakukan koordinasi dengan menggandeng para lurah.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional Jateng-DIY, Aman Santosa mengatakan, berbagai upaya telah dikakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait literasi keuangan.

“Misalkan mengadakan FGD dengan media massa, perguruan tinggi, apakah jangkauan OJK sudah mencapai level-level yang sangat grassroot yaitu misalnya di daerah pedesaan,” ujarnya, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga :  Sinergi dengan OJK dan BPRS Hikmah Khazanah, Lazismu Beri Santunan untuk 100 Guru di Solo

Aman menambahkan, untuk menjangkau pemahaman literasi masyarakat hingga tingkat desa, OJK akan melibatkan lurah sebagai agen untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

“Kita ingin menjadikan lurah sebagai agen literasi keuangan di tingkat Jawa Tengah. Kita akan membentuk lurah sebagai pusat informasi keuangan di daerah dan kita akan kerja sama dengan pemerintah di tingkat kota dan kerja sama dengan industri sektor keuangan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Manfaatkan Bulan Ramadan, Masjid Sheikh Zayed Solo Edukasi Penggunaan Air Pada Pengunjung

Sementara itu, tingkat literasi keuangan masyarakat saat ini terus mengalami peningakatan. Pada tahun 2019 tingkat literasi keuangan masyarakat hanya diangka 47 persen.

“Selama tiga tahun terakhir tingkat literasi ini meningkat hingga diangka 51 persen. Peningkatannya cukup pesat terutama di bidang industri keuangan. Tapi yang menarik ini meningkatkan literasi itu hanya 3-4 persen sedang inklusi itu mencapai 20 persen,” tandasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com