JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pilpres 2024, Jokowi Disebut Siapkan ‘Kendaraan Politik’ Khusus untuk Ganjar dan Erick Thohir

Presiden Jokowi di Gedung Agung, Yogyakarta / tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM   Peta perpolitikan menjelang Pilpres 2024 masih sangat cair dan dinamis. Termasuk, sikap presiden Jokowi belakangan ini dibaca oleh sebagian kalangan, tengah menyiapkan calon penerusnya.

Salah  satu pengamat politik, Usep S. Achyar misalnya, menilai bahwa Jokowi tengah menyiapkan koalisi alternatif untuk duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN RI itu disebut-sebut  mendapatkan restu dari Presiden Jokowi untuk maju di Pilpres 2024.

Potensi tersebut terlihat saat Ganjar Pranowo-Erick Thohir menghadiri Rapat Pimpinan Wilayah atau Rapimwil PPP Jawa Tengah.

Meski keduanya tidak datang secara bersamaan namun teriakan capres dan cawapres dielu-elukan kader PPP saat sosok pemimpin tersebut hadir di lokasi acara.

Ketika Erick Thohir tiba saat sore hari para kader meneriakkan Cawapres.

Begitu pun ketika Ganjar tiba, para kader banyak yang meneriakkan Capres.

Melihat hal itu, Usep menilai terdapat pengaruh Presiden Jokowi dalam acara tersebut.

Ia melihat Presiden Jokowi tengah menyiapkan alternatif untuk mengusung duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dimana PPP termasuk dalam salah satu partai koalisi.

Baca Juga :  Lama Tak Ada Kabar, Sudirman Said: Koalisi Perubahan Tetap Komitmen Gulirkan Hak Angket

“Saya melihat Pak Presiden Jokowi tengah menyiapkan koalisi alternatif untuk mengusung duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir yakni KIB,” tutur pengamat yang akrab disapa Usep tersebut, Senin (28/11/2022).

Ia kemudian menjelaskan Plt Ketua Umum PPP Mardiono merupakan salah satu orang yang dekat dengan Presiden Jokowi.

Bahkan saat ini ia menjadi salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Dia mengatakan Presiden Jokowi membutuhkan duet Ganjar dan Erick Thohir di pemerintahan untuk meneruskan kerja-kerja yang belum selesai.

Seperti diketahui, baik Ganjar Pranowo dan Erick Thohir menjadi sosok pemimpin yang memiliki hubungan dekat dan sangat mendukung program-program Presiden Jokowi.

Seperti halnya, Ganjar yang sangat mendukung proyek jangka panjang Presiden Jokowi yakni membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Demikian juga dengan Erick Thohir di mana kedekatan bersama Presiden Jokowi terjalin secara profesional dan kekeluargaan.

Mulai dari terkait menjalankan tugas strategis kenegaraan dan acara keluarga, Erick Thohir selalu menjadi pilihan utama Presiden Jokowi.

Maka dari itu, Usep melihat Presiden Jokowi mendukung agar Ganjar Pranowo dan Erick Thohir untuk maju berpasangan di Pilpres 2024 untuk melanjutkan kinerjanya di pemerintahan.

Baca Juga :  Jelang Usainya Rekapitulasi KPU, Masing-masing Paslon Capres-Cawapres Siap Bertarung di MK

“Pak Presiden Jokowi membutuhkan penerus yang bisa melanjutkan kinerjanya dan kelihatan dari kedekatan hubungan yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo dan Erick Thohir, keduanya didukung oleh Pak Jokowi,” pungkas Usep.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum (Waketum) PPP Arsul Sani mengatakan sengaja mengundang dua tokoh pemimpin tersebut.

Apalagi peluang menjodohkan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sangat terbuka lebar.

“Segala kemungkinan terbuka termasuk menduetkan Pak Ganjar dan Pak Erick Thohir,” jelas Arsul dikutip dari Tribun Pantura.

Berdasarkan hasil survei SMRC terbaru, Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas 26,7 persen sedangkan kandidat lain seperti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan hanya 18,6 persen serta 17,0 persen.

Sementara itu, Erick Thohir menjadi kandidat cawapres paling potensial di peta perpolitikan Indonesia.

Sebelum di pemerintahan, Eks Presiden Inter Milan tersebut berhasil menjadi Ketua TKN Jokowi – Amin 2019 dan mengantarkan Presiden Jokowi untuk menjabat dua periode.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com